Lahannya Jadi Sasaran TMMD Kodim 0212/TS, Petani: Terimakasih TNI Ku

341

PALAS-SUMUT, BERITAANDA – Petani sawit maupun karet di Desa Hutaraja dan Desa Mondang Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas) mengaku bahagia atas pembangunan jalan baru di lahan pertanian mereka.

Oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105, lahan para petani tahun 2019 menjadi salah satu sasaran pembangunan TMMD di bidang fisik.

Rencananya, jalan sepanjang 4,5 kilometer akan dibangun di atas lahan petani di areal perkebunan tersebut. Secara sukarelawan, para petani pun menghibahkan lahannya yang terkena proyek pembukaan jalan baru.

Diharapkan, dengan terbangunnya jalan itu akan memicu peningkatan produksi sawit dan karet serta hasil pertanian lainnya di kawasan itu, dan bermuara pada peningkatan pendapatan. Seperti halnya yang diutarakan Dahrul Hasibuan (57), salah seorang petani setempat.

“Saya betul-betul tak menduga akan ada pembukaan jalan baru di areal perkebunan kami. Apalagi, bidang jalan yang akan dibangun terbilang sangat panjang dan lebar,” ungkap Dahrul sembari mengapresiasi kepekaan dan rasa kecintaannya kepada TNI, Senin (15/7/2019).

Dikatakannya, untuk memuluskan pembangunan, tanpa diminta sekalipun, para petani sekitar sudah sangat merelakan sebagian lahannya dihibahkan untuk jalan. Dahrul sendiri mengaku ikhlas menumbang 14 pohon sawit miliknya.

“Atas hal itu, selaku pribadi serta warga, ungkapan terimakasih tak terhingga kami kepada Kodim 0212/Tapsel karena telah menjadikan desa kami sebagai sasaran pembangunan TMMD. Berkat program ini, kami beryakinan nantinya akses jalan baru akan meningkatkan pendapatan kami selaku petani,” ujar dia.

Dahrul melanjutkan, dulunya lahan perkebunan warga sedemikian susahnya dijangkau roda empat. Akses ini turut diperparah saat harus melintasi sungai beraliran deras. Parahnya lagi, ketika debit air sungai meningkat alias banjir, mereka pun pasrah karena tidak bisa memanen hasil kebunnya.

“Karenanya, untuk mengatasi persoalan panen tertunda bahkan gagal di musim penghujan, maka kami berharap penuh di tahun mendatang Pemkab Palas agar membuatkan jembatan baru. Kedepan, warga tak perlu merasa cemas atau waswas lagi bilamana itu telah terealisasi,” harapnya.

Namun, imbuh Dahrul, untuk keadaan yang sekarang saja pihak warga sudah sangat berbahagia. Dan, menurutnya, keterlibatan TNI dengan aksi sosialnya di tengah-tengah masyarakat telah menambah rasa kecintaan masyarakat kepada TNI, khususnya jajaran Kodim 0212/ Tapsel. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda