Desa Binaan Pertagas Raih Juara Perilaku Hidup Sehat dan Bersih Tingkat Nasional

303

PALEMBANG, BERITAANDA – Desa Binaan PT Pertamina Gas South Sumatera Area (SSA) berhasil menyabet juara dua (2) ajang Penilaian Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) tingkat nasional.

Pada event yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kelompok Asman Toga Melati Prabumulih berhasil menyingkirkan puluhan kandidat lain.

“Kami sangat bangga dan terima kasih atas dukungan Pertagas yang telah mendampingi program pengembangan masyarakat di Prabumulih,” ujar Walikota Prabumulih, Adriansyah Firki, Senin (15/7/2019).

Di sisi lain, lanjutnya, dia berharap agar Pertagas maupun perusahaan yang memiliki operasi di Prabumulih terus mendorong masyararakat setempat untuk berprestasi dan mandiri.

“Kita ingin perusahaan seperti Pertagas tidak hanya membantu, tapi juga mampu mendorong warga meraih prestasi-prestasi gemilang,” harapnya.

PHBS merupakan program yang digagas pemerintah pusat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan memotivasi warga untuk semakin berperilaku hidup sehat dan bersih.

Acara PHBS sendiri dilaksakan pada 6 Juli lalu di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Penghargaan ini, diserahkan kepada Walikota Prabumulih atas prestasi Kelompok Asman Toga Melati yang merupakan desa binaan CSR Pertamina Gas.

Sementara itu, Local Hero Kelompok Asman Toga Melati Siti Sulbiyah mengatakan, kelompoknya telah berhasil mengembangkan tanaman obat keluarga menjadi produk-produk herbal berupa jamu.

“Selama ini kami sangat terbantu dengan kehadiran Pertagas yang melakukan pembinaan,” ujarnya.

Sebelumya, Kelompok Asman Toga Melati juga terlah berhasil menorehkan beberpa prestasi cemerlang lain, diantaranya Proklim Utama Kementerian Lingkungan Hidup 2017 dan 2018. Kemudian pada tahun 2017 juga meraih CSR Award. Tahun berikutnya, kelompok yang menjadi sentral pengembangan  tanaman obat keluarga (toga) di Sumatera Selatan ini juga berhasil meraih gelar pada ajang CSR ISDA Awarad 2018. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda