Kunjungi Tempunak, Jarot Bagikan Sertifikat dan Tutup Turnamen Pulau Jaya Cup 2018

217

SINTANG-KALBAR, BERITAANDA – Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med.Ph melakukan kunjungan kerja ke Desa Pulau Jaya, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang, Sabtu (12/1/2019).

Dalam kunjungannya, Bupati Sintang melakukan dua kegiatan, yakni pembagian sertifikat tanah secara simbolis kepada masyarakat Desa Pulau Jaya dan Desa Pinang Baru, serta menutup Turnamen Pulau Jaya Cup 2018.

Turut mendampingi orang nomor satu di Kabupaten Sintang tersebut, Kepala BPN Sintang Junaedi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr. Harysinto Linoh, dan Kepala DPMPD Kabupaten Sintang Herkolanus Roni.

Setibanya di Desa Pulau Jaya, bupati langsung melakukan kegiatan pembagian sertifikat tanah yang dilaksanakan di aula gedung serbaguna Desa Pulau Jaya.

Dalam kesempatan itu, Jarot mengatakan turut berbahagia bisa hadir langsung guna menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah yang merupakan program pemerintah pusat kepada masyarakat Desa Pulau Jaya dan Desa Pinang Baru.

Jarot menjelaskan tujuan dari pada sertifikat tanah ini sangat penting agar hak masyarakat atau rakyat atas tanah lebih jelas, sehingga tidak adanya koflik terkait mengenai batas kepemilikan tanah, karena dalam sertifikat tanah tersebut sudah jelas data-data hak atas tanah.

“Kemudian dengan adanya sertifikat ini, kalau kita perlu dana bisa kita terapkan untuk pinjaman, baik itu Credit Union atau bank, dana hasil pinjaman itu bisa dikelola entah itu untuk usaha, berladang, nanam cabe, nanam sayur dan lainnya, agar hasilnya bisa untuk dijual dan kebutuhan hidup sehari-hari sehingga masyarakat lebih sejahtera. Sertifikat tanah yang ada ini dijaga, tanah kita semua dijaga tetapi jangan ditelantarkan,” pesan Jarot.

Jarot menambahkan, saat ini Pemerintah Kabupaten Sintang dan aliansi masyarakat adat sedang menyusun hak masyarakat adat, sehingga nanti hak masyarakat secara pribadi lebih jelas kemudian hak masyarakat adat juga jelas, agar kedepan hal itu untuk menghindari terjadi masalah masyarakat dengan perusahaan.

Sementara itu terkait kegiatan penutupan Turnamen Sepakbola Pulau Jaya Cup tahun 2018, Jarot Winarno sangat memberikan apresiasi atas terselenggaranya turnamen tersebut. Terlebih Pulau Jaya Cup ini juga diikutsertakan pertandingan untuk kategori putri.

Untuk itu dirinya meminta turnamen ini terus digelar, agar pembinaan olahraga khususnya sepakbola di desa berjalan terus-menerus, sehingga kedepan akan muncul bibit-bibit pemain berkualitas untuk Kabupaten Sintang.

“Saya bangga bisa hadir langsung, tahun lalu saya tidak bisa hadir, tahun ini Alhamdulillah saya bisa hadir menutup turnamen ini. Saya juga sempat nonton sebentar tim putri main, pamain putri ini harus dibina, karena bupati cup 2019 ini rencana kita akan juga digelar untuk kategori putrinya,” kata Jarot.

Untuk itu Jarot meminta dilakukan pembinaan bibit muda sepakbola di Desa Pulau Jaya, terutama di bawah usia 15 tahun, baik putra maupun putri. “Karena nantinya bisa memperkuat tim Kecamatan Tempunak pada turnamen bupati cup kedepannya,” pungkas dia. (Arni/Humas Pemkab Sintang)

Bagaimana Menurut Anda