KPU Sekadau Terima Dokumen Pendaftaran PAS

41
Penyerahan tanda terima dokumen pendaftaran pasangan bakal calon Pasangan Aron-Subandrio (PAS) oleh Ketua KPU Sekadau Drianus Saban, Sabtu (5/9/2020) sore. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Pasangan Aron-Subandrio (PAS), Sabtu (5/9/2020) sore, mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sekadau sebagai calon bupati-wakil bupati.

Kedatangan kedua bakal calon tersebut diiringi puluhan pengurus partai politik (parpol) pengusung dan pendukung.

Aron dan Subandrio menuju kantor KPU Sekadau dengan menggunakan sepeda motor trail bersama puluhan pengurus parpol. Setibanya di kantor KPU, keduanya menjalani pemeriksaan suhu badan, registrasi dan pemeriksaan badan oleh aparat Kepolisian, TNI dan petugas KPU.

Setelah melewati proses registrasi dan pemeriksaan, pihak KPU kemudian membuka kegiatan dengan sambutan Ketua KPU Sekadau Drianus Saban.

“Pelaksanaan pendaftaran bakal calon di KPU merupakan bagian dari tahapan pemilihan bupati-wakil bupati. Dasar kegiatan juga didasari atas Perpu No. 06 tentang kegiatan dalam kondisi wabah Covid – 19,” beber Drianus Saban.

Diakui Saban, tahapan pemilukada dapat dilaksanakan dengan menerapkan protol kesehetan, seperti membatasi jumlah peserta dalam kegiatan seremonial serta wajib menggunakan masker. Sedangkan mengenai persyaratan, Saban menjelaskan bahwa partai politik yang ikut serta mengusung bakal calon merupakan syarat mutlak.

“Kami akan meneruskan berkas syarat pencalonan dan syarat calon, juga kami melakukan penelitian berkas syarat dukungan,” terang Saban.

Sementara itu, bakal calon bupati Aron menyatakan, kedatangan dirinya bersama bakal calon wakil bupati Subandrio dan pengurus partai politik untuk ikut serta bertarung dalam Pemilukada Sekadau.

“Kami diantar pengurus partai pengusung dan pendukung untuk mendaftar sebagai calon di pemilukada,” tukas Aron.

KPU Sekadau kemudian menerima penyerahan berkas pendaftaran balon dengan jargon PAS ini. Secara teknis, Komisioner KPU secara teliti memeriksa berkas-berkas yang dilampirkan dalam proses pendaftaran.

Sampai dengan jelang sore, KPU Sekadau menyatakan berkas yang diserahkan pasangan bakal calon PAS lengkap.

Selanjutnya, sebelum mengakhiri kegiatan, pihak KPU mengeluarkan tanda terima berkas pendaftaran dan surat pengantar untuk Aron-Subandrio guna memeriksakan kesehatan jiwa di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sungai Bangkong, dan memeriksa kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sudarso Pontianak. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda