KPU Sekadau Simulasi Pemilihan dan Perhitungan Suara Pemilukada

34

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Puluhan petugas adhock Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sekadau melaksanakan tata cara pemilihan bupati – wakil bupati pemilukada 2020. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka simulasi pemungutan dan perhitungan suara, Sabtu (28/11/2020).

Peragaan pemilihan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) ini dilaksanakan di Terminal Lawangkuwari Sekadau, yang dihadiri sejumlah Komisioner KPU, Bawaslu, Pjs Bupati dan Kapolres Sekadau, serta Komisioner KPU Sanggau dan Sintang.

Ketua KPU Sekadau Drianus Saban menegaskan, simulasi tersebut bagian dari kesiapan KPU Sekadau yang akan melaksanalan pemilihan pada tanggal 9 Desember.

“Juga bagian dari informasi oleh KPU kepada publik atau masyarakat umum mengenai tata cara proses pemilihan umum pemilukada dalam masa pandemi Covid-19,” tukas Saban.

Dikatakan Saban lagi, dalam proses pemilihan harus dipastikan protokol kesehatan. Dan di hari pemilihan, KPU harus menyelenggarakan pemilukada dan protokol kesehatan.

Di dalam TPS, adhock KPU akan melaksanakan protokol kesehatan berupa penggunaan masker, air pencuci tangan, hansanitaizer, petugas pengukur suhu badan dan bilik khusus untuk pemilih dengan suhu di atas 37 derajat celcius.

“Di dalam TPS akan dibatasi jumlah pemilih, terutama di dalam ruang lokal sekolah yang akan digunakan untuk TPS, dan Satgas Covid-19 akan melalukan pemantauan kapasitas ruangan,” papar Saban.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan simulasi oleh petugas PPK, PPS dan KPPS yang ditunjuk KPU sampai jelang siang. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda