KPU Sekadau Ingatkan Tanggung Jawab Pilkada Bersama

228
Pemukulan berbagai jenis alat musik tradisional masyarakat Kabupaten Sekadau oleh forkompinda dan penyelenggara pemilukada sebagai tanda dilaunchingnya pemilukada Sekadau.(BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Tahapan pemilukada serentak pemilihan bupati – wakil bupati resmi dilaunching oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sekadau, Sabtu (29/2/2020) malam.

Ribuan masyarakat tumpah ruah di lapangan sepakbole Ejelantu menyaksikan peluncuran pesta demokrasi tersebut.

Tak hanya seremonial launching, KPU Sekadau juga menghadirkan Dewi Gity, artis ibukota provinsi untuk menghibur masyarakat. Dalam kegiatan ini, juga diperkenalkan Si Buteng (Buah Tengkawang) sebagai masot pilkada Sekadau.

“Pilkada tidak hanya tanggung jawab pelaksana pemilu, namun juga semua pihak,” ungkap Drianus Saban S.Pd selaku Ketua KPU Sekadau dalam sambutannya.

Ia berharap adanya peran dari semua masyarakat dalam pilkada. Minimal dengan partisipasi hak suara pada hari pemilihan nanti.

Wakil Bupati Sekadau Aloysius SH M.Si mewakili pemerintah daerah, mengingatkan agar peserta pemilu dapat mewujudkan pemilukada yang baik berdasarkan asas jujur, langsung, umum, bebas dan rahasia. “Sehingga masyarakat dapat memberikan hak suara di TPS dengan aman dan tanpa tekanan,” pinta wabup.

Wabup juga berpesan kepada penyelenggara pemilu untuk dapat menjalankan tugas dengan baik serta bersikap netral.

“Pemilukda juga mendapatkan pengawasan dari Bawaslu serta dikawal oleh aparat keamanan dari TNI dan Polri,” tambah wabup.

Sementara Komisioner KPU Provinsi Kalbar Erwin Irawan S.Sos M.Si, mengapresiasi KPU Sekadau. Dimana pada pemilu 2019, Sekadau merupakan kabupaten yang tidak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Partisipasi masyarakat Sekadau dalam pemilu 2019 sebesar 85,27 persen, menunjukkan kemauan masyarakat dalam memberikan hak suara pada pemilu cukup tinggi. Ini harus ditingkatkan, minimal dipertahankan,” papar Erwin.

Erwin berharap, masyarakat dapat menerima hasil dari pemilukada nantin. Karena, siapapun yang terpilih dalam pemilukada Sekadau merupakan pilihan masyarakat secara langsung.

Launching pemilukada Sekadau ditandai dengan pemukulan berbagai jenis alat musik tradisional masyarakat Kabupaten Sekadau oleh forkompinda dan penyelenggara pemilukada. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda