Ketua Panwaslu Kecamatan Gunungsitoli Barat Lantik 37 Orang PTPS

476

GUNUNGSITOLI-SUMUT,BERITAANDA – Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Gunungsitoli Barat melantik dan mengambil sumpah 37 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Gunungsitoli Barat, dalam rangka pemilihan umum pada 17 April 2019 mendatang.

Pelantikan dilaksanakan di balai umum Desa Tumori Balohili Gunungsitoli Barat Kota Gunungsitoli, Senin (25/3/2019).

Ketua Panwaslu Kecamatan Gunungsitoli Barat Matia Gea A.Md mengatakan, sumpah merupakan tanggung jawab yang besar dalam mensukseskan pemilihan umum pada 17 April 2019 mendatang.

“Sumpah dan janji ini merupakan tanggung jawab yang besar, karena kita berjanji kepada Tuhan atas tugas dan wewenang yang diemban, khususnya pada pengawasan penyelenggaran pemilihan umum pada 17 April mendatang. Oleh karena itu kepada PTPS yang dilantik dituntut agar dalam melaksanakan tugas mulia ini mampu menjaga nertalitas dan integritas diri seorang penyelenggara pemilu dengan mengedepankan azas-azas pemilu, dan menjunjung tinggi kode etik kepengawasan demi suksesnya pemilu di tahun 2019 ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan Gunungsitoli Barat yang juga selaku ketua panitia pelaksana, Saba’aro Gulo SE.M.Si, menyampaikan bahwa dalam pemenuhan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dimana pengawas TPS dibentuk 23 hari sebelum hari pemungutan suara dan dibubarkan 7 hari setelah hari pemungutan suara.

“Terhitung sejak pengucapan sumpah di tanggal 25 Maret ini sah sebagai pengawas pemilu di TPS,” Ucap dia sembari membacakan 37 nama-nama pengawas TPS tersebut.

Pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap 37 orang pengawas TPS dari 9 desa di 37 TPS langsung dipimpin oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Gunungsitoli Barat Matia Gea, A.Md didampingi 2 komisioner dan dihadiri oleh Rohaniwan, mewakili Camat Gunungsitoli Barat, kepala sekretariat dan jajaranya serta pada undangan lainnya.

Dari pantauan, kegiatan pelantikan ini berlangsung khidmad, hingga kemudian dilanjutkan dengan bimbingan teknis dan pembekalan kepada pengawas TPS yang baru saja dilantik tersebut. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda