KASBI Magelang Masih Aktif Berjuang Untuk Kaum Buruh

16
Edi Sumekto saat diwawancarai.

MAGELANG-JATENG, BERITAANDA – KASBI atau Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia adalah serikat pekerja Indonesia yang dibentuk tahun 2005 melalui penggabungan 18 serikat pekerja.

Ketua KASBI Kabupaten Magelang, Edi Sumekto mengatakan, masih ada 25 sampai 30 orang pengurus KASBI di Magelang yang aktif dalam pergerakan membantu kawan-kawan buruh menyelesaikan permasalahannya terkait hak-hak buruh.

“Kami akan membantu kawan-kawan buruh di wilayah Magelang untuk menyelesaikan permasalahannya dengan perusahaan,” ujar Edi kepada BERITAANDA, Kamis (8/4).

Ia menambahkan, KASBI akan membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami kawan-kawan buruh asalkan sama-sama berjuang. KASBI juga membantu kaum buruh dengan sukarela dan tanpa memungut bayaran dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami kaum buruh.

Edi mengatakan, KASBI melakukan kegiatan tanpa menggendong kepentingan lain selain untuk kepentingan buruh itu sendiri.

“Kami murni melakukan kegiatan untuk kepentingan buruh dan tidak ada kaitannya dengan kepentingan lain seperti politik sekalipun,” tegasnya.

Dalam upayanya memperjuangkan hak-hak buruh, tidak luput juga KASBI Magelang melakukan aksi baik di wilayah Magelang maupun luar Magelang seperti Solo, Semarang, ataupun Yogyakarta untuk menyuarakan tuntutanya.

“Untuk aksi satu Mei nanti, kita tetap turun ke jalan untuk menyuarakan hak-hak buruh dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Edi.

Edi menjelaskan, bahwa yang masih menjadi perhatian sampai hari ini bagi para buruh adalah Omnibus Law. Dirinya meyakini Omnibus Law akan sangat merugikan kaum buruh dan bukan hanya itu, tetapi imbasnya juga merembet sampai ke para petani maupun pemilik lahan. Ia menilai Omnibus Law berdampak merugikan bagi para buruh. [Faisal]

Bagaimana Menurut Anda