Kasat Intelkam Polres OKI Berikan Materi Terkait Potensi Kerawanan Pemilu 2019 di Wilayahnya

668

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Kepolisian Resort Ogan Komering Ilir (Polres OKI) melalui Satbinmasnya, menggelar rapat koordinasi Focus Grup Discussion (FGD) dan K2YD (kegiatan kepolisian yang ditingkatkan), Selasa (19/3/2019) sekira pukul 09.30 Wib, di Hotel Dinesty II Kayuagung.

Kegiatan yang mengambil tema ‘bersama mewujudkan pemilu 2019 aman damai dan kondusif’, digelar sebagai upaya persiapan dalam menghadapi akan berlangsungnya kontestasi pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) pada 17 April 2019 mendatang. Dimana dihadiri Asisten II Setda OKI Drs Zulkarnain, MM, Kasdim 0402/OKI Mayor Hernanda, Wakapolres OKI Kompol Janton Silaban, S.Ik, Kasat Intelkam Polres OKI AKP Sigit Agung Susilo, SH, S.Ik. MH dan Kasat Binmas Polres OKI, Satpol PP OKI, Ketua Bawaslu OKI, KPU OKI, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat serta tokoh pemuda.

Dihadapan para peserta yang hadir, Kasat Intelkam Polres OKI AKP Sigit Agung Susilo SH.,SIK.,MH menyampaikan materi tentang potensi kerawanan yang dikhawatirkan akan terjadi pada pilpres dan pileg di Kabupaten OKI, yang dilaksanakan serentak pada 17 April 2019 nanti.

“Mulai dari tahap pengadaan logistik pemilu, distribusi logistik pemilu, tahap kampanye, tahap pemungutan dan penghitungan suara, penetapan caleg dan capres terpilih, serta pelantikan. Disini akan kita jelaskan bagaimana kesiapan dan upaya antisipasi dari Polres OKI,” ungkapnya.

Kegiatan FGD ini sendiri, masih katanya, merupakan kegiatan sosialisasi serta penyuluhan dan diskusi sebagai bentuk kerjasama semua elemen guna mewujudkan pemilu di Kabupaten OKI bisa berjalan aman, lancar dan damai.

Ini bukan tanggung jawab kami semata, tetapi tanggung jawab bersama. Lanjutnya, oleh karena itu semua pihak diharapkan untuk dapat turut berperan, serta salah satunya dengan memberikan himbauan agar masyarakat tidak mudah percaya isu yang menyesatkan atau berita hoax.

“Jika mendapat atau menerima informasi, sebaiknya mengkroscek terlebih dahulu apakah benar adanya atau tidak. Tak hanya itu, masyarakat juga agar menggunakan hak pilihnya, jangan golput, dan jangan takut diintimidasi atau teror karena Polres OKI bersama Kodim 0402/OKI bersinergi untuk mengamankan,” tegasnya.

Dalam kegiatan FGD tersebut, pihak KPU OKI, Haris Fadilah, SHI turut menyampaikan materi tentang tugas pokok dan peran KPU dalam pemilu 2019. Tak berbeda, Ketua Bawaslu OKI Ikhsan Hamidi menyampaikan materi tentang tugas pokok dan peran Bawaslu dalam pemilu 2019. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda