Kapolres Sidimpuan Ajak Insan Pers Bersinergi Kawal Pembangunan

341
Polres Padangsidimpuan 'Ngopi Bareng' dengan insan pers di aula Mapolres setempat, Jalan Serma Liam Kosong, Senin (2/12/2019).

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya mengajak kalangan jurnalis samakan persepsi dalam mengawal pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah setempat.

“Kami mengajak insan pers untuk maksimalkan fungsi kontrol sosial dalam mengawal jalannya roda pembangunan di Padangsidimpuan,” kata AKBP Hilman Wijaya, Senin (2/12/2019), di acara bertajuk ‘Ngopi Bareng’ di aula Mapolres setempat, Jalan Serma Liam Kosong.

Pertemuan ini dihadiri Wakapolres Sidimpuan Kompol Matnur Dalimunthe, Kasat Reskrim AKP Abdi Abdullah, Kasat Lantas AKP Junaidi, Kasubbag Humas IPTU Maria Marpaung, berikut puluhan wartawan dari berbagai media. Yakni media online, cetak, televisi, dan radio.

Kapolres mengatakan, pertemuan ini menyikapi kegiatan pemerintah daerah. Dimana pihaknya menindaklanjuti rapat kerja nasional (rakornas) forkopimda di Jakarta belum lama ini. Presiden RI melalui Kapolda meminta seluruh Kapolres untuk menindaklanjuti pertemuan itu.

“Kepolisian wajib membantu pembangunan di wilayah kerjanya masing-masing. Karenanya, saya pun memanggil seluruh jajaran saya untuk menyamakan persepsi. Bahwa, kita turut andil membantu pembangunan di Kota Sidimpuan,” terang Kapolres menyebut isi perintah Kapolda.

Kemudian, lanjut dia, pihaknya juga ditekankan supaya turut mengawasi mekanisme perizinan yang dijalankan pemda, agar dapat membantu masyarakat yang hendak mengurus perizinan. Artinya, kata dia, supaya pola perizinan itu tidak dibuat ribet apalagi dipersulit.

“Dengan keterlibatan kita dalam mengawasi jalannya proses pengurusan perizinan-perizinan itu, maka diyakini akan berdampak pada beban biaya yang harus dikeluarkan masyarakat tidak lagi di luar ketentuan. Sehingga pada gilirannya, laju investasi akan membaik,” ujar Kapolres.

Bertumbuhkembangnya minat para investor menanamkan investasinya di kota ini, menurut Hilman, selain pembangunan akan semakin menggeliat, peluang lapangan kerja baru juga semakin terbuka lebar. Untuk itu, salah satu upayanya, pola perizinan harus dipermudah.

Kendati demikian, kata Hilman, sejalan dengan arahan Presiden RI (Jokowi), pihaknya tidak akan mencari kesalahan-kesalahan dari para mitra kerjanya. Namun, bukan berarti ketika ditemukan kesalahan, lalu lantas penindakan dihilangkan. Tetap ada penindakan hukum.

“Artian tidak mencari-cari kesalahan itu adalah ketika para mitra SKPD di Pemkot Sidimpuan memang telah bekerja sesuai aturan dan hanya kesalahan di bidang administrasi saja, maka tindakan yang diambil hanya bersifat supervisi atau berupa peringatan, saja,” tandas Kapolres.

Di tempat yang sama, Kasat Reskrim AKP Abdi Abdullah menyatakan pihaknya sangat terbantu dengan peran insan pers, khususnya menjaga suasana kamtibmas tetap kondusif. Sehingga menghadirkan rasa aman dan tenteram bagi seluruh masyarakat Kota Padangsidimpuan.

“Terimakasih atas peran rekan media sekalian. Mari, rawat kemitraan dan kerjasama yang baik ini. Kita perkokoh sekaligus tanamkan rasa persatuan dan kesatuan terhadap masyarakat Kota Padangsidimpuan, sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing,” pesannya. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda