Kades Kota Pari: Musrenbangdes Penting Untuk Pembangunan Desa

424

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Desa (Pemdes) Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin adakan musyawarah perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes) dan penyusunan RKPDES tahun 2020, bertempat di aula kantor Desa Kota Pari, Rabu (28/8/2019).

Kades Kota Pari Abdul Khair (Dollah) mengatakan, pada musrenbangdes tersebut dibahas tentang pengalokasian dana desa (DD), anggaran dana desa (ADD), serta penyusunan RJPMDES selama 6 tahun sejak ia menjabat kades di Kota Pari, dan penyusunan RKPDES tahun 2020.

Dollah menyebut bahwa musyawarah tersebut dinilai sangat penting dalam menentukan langkah untuk melakukan rencana pembangunan sesuai permintaan para masyarakat di masa yang akan datang, dan pemdes juga menentukan pembangunan dengan skala prioritas.

Ia berharap pada musrenbangdes ini dapat menciptakan pembangunan desa yang tepat sasaran dan tepat guna. ”Ini demi terwujudnya masyarakat Desa Kota Pari yang adil dan makmur,” jelas Dollah.

Sementara Dedy Prayogi dari Bappeda menyebutkan bahwa perlunya bantuan beasiswa bagi warga yang kurang mampu, karena belum dianggarkan oleh pemdes.

Adapun usulan masyarakat pada musrenbangdes tersebut antara lain Dusun I pembangunan drainase, Dusun II pembuatan lapen di 3 gang dusun, Dusun III pembuatan lapen dan pembuatan jalan dusun, serta Dusun IV pembuatan sumur bor.

Di Dusun V pembuatan lapen dan jalan tanggul serta jalan paving blok, Dusun VI pembuatan jalan 700 meter dan pembuatan gorong-gorong. Dusun VII pengaspalan jalan dusun, paving blok serta sarana olahraga beserta peralatannya. Terakhir di Dusun VIII jalan lapen dan plat beton. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda