Joe Biden Menang Pemilihan Presiden Amerika Serikat

35

AMERIKA, BERITAANDAJoe Biden dan Kamala Harris menang dalam pemilihan presiden Amerika Serikat, mengalahkan Donald Trump, menyusul penghitungan suara yang berjalan menegangkan setelah pemilu Selasa (3/11/2020) lalu.

BBC memproyeksikan Biden menang di negara bagian kunci Pennsylvania, mengantarkannya ke perolehan suara elektoral sebanyak 273 – melebihi dari 270 yang diperlukan untuk menuju Gedung Putih.

Tim kampanye Trump menyatakan calon mereka belum ada rencana untuk mengaku kalah.

Dalam cuitannya, Biden mengatakan, Amerika, saya merasa terhormat, telah memilih saya memimpin negara besar kita.

“Kerja di depan kita akan sulit, namun saya berjanji, saya akan menjadi presiden untuk semua warga Amerika – apakah Anda memilih saya atau tidak,” tulis Biden.

“Saya akan tetap menjaga kepercayaan yang Anda berikan kepada saya.”

Hasil ini menunjukkan Trump adalah presiden pertama yang tidak terpilih lagi sejak 1990-an.

Proyeksi BBC atas kemenangan Biden didasarkan pada hasil tidak resmi dari negara-negara bagian yang telah selesai menghitung suara mereka, dan hasil yang telah diperkirakan dari negara-negara bagian seperti Wisconsin, dengan penghitungan suara yang masih berlangsung.

Pemilu kali ini diikuti oleh pemilih paling banyak sejak 1900. Biden meraih lebih dari 73 juta suara sejauh ini, suara paling banyak untuk calon presiden dalam sejarah Amerika. Sementara, Trump memperoleh hampir 70 juta suara, suara kedua terbanyak dalams ejarah.

Kemenangan ini menjadikan Biden sebagai presiden AS yang ke-46, dan presiden tertua di Amerika dengan usia yang menginjak 78 tahun.

President Trump sebelumnya memperingatkan Biden untuk tidak mengumumkan kemenangan – sehari setelah dia sendiri menyatakan kemenangan, walaupun penghitungan masih pada tahap awal.

Secara keseluruhan, jumlah pemilih yang memberikan suara dalam Pilpres AS merupakan yang tertinggi dalam 120 tahun dengan sekitar 66.9 persen.

Kepada para pendukungnya, pada Jumat malam waktu setempat (Sabtu pagi WIB), Biden kembali mengatakan bahwa jumlah menunjukkan berita yang jelas, kami akan menang pemilihan. [sumber : suara.com]

Bagaimana Menurut Anda