Jelang Musim Hujan, Ini yang Harus Dilakukan Pada Mobil

88

PALEMBANG, BERITAANDA – Saat ini sedang masa peralihan dari musim panas ke musim hujan yang ditandai dengan mulainya turun hujan. Pemilik kendaraan harus selalu memperhatikan kendaraannya dan bisa mempersiapkan kondisi mobil beserta pendukungnya, karena kadang lupa dan baru terpikirkan saat dibutuhkan atau terkena masalah.

Supaya tidak menyulitkan, berikut daftar persiapan yang harus dilakukan ketika memasuki musim hujan yang dibagikan Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000.

Pertama adalah periksa karet wiper. Kalau sampai bermasalah, Anda tidak bisa melihat dengan baik sehingga sangat berbahaya.

Untuk mobil MPV seperti Avanza dan Sienta juga wajib mengecek wiper belakang. Periksa juga air pembersih kaca dan jangan sampai kosong, karena akan menyulitkan saat kaca kotor. Perhatikan seluruh lampu, mulai dari lampu utama, sein, fog lamp, hingga lampu belakang, agar tidak ada yang mati.

“Saat hujan turun, sistem kelistrikan mobil akan bekerja keras karena seluruh perangkat listrik aktif beroperasi. Jangan tunggu bermasalah, cek kondisi aki mobil apakah masih layak pakai atau tidak,” ujarnya, Senin (28/9/2020).

Ricky mengatakan, potensi kecelakaan sangat besar ketika ban mobil tidak dalam kondisi prima sehingga perhatikan tingkat keausan telapak ban dengan berpedoman pada Tire Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil.

Tingkat keausan ban yang tidak merata menandakan ada masalah di kaki-kaki mobil. Periksa pula tekanan angin ban supaya sesuai dengan standarnya. Sembari itu, tidak ada salahnya memeriksa sistem kemudi dan suspensi agar mobil dapat melaju dengan baik di genangan air.

Jangan lupakan rem mobil. Kondisi jalan yang licin membuat rem mobil bekerja lebih keras. Pastikan rem berfungsi baik dengan memeriksa kampas rem dan mengisi tabung minyak rem sesuai takaran.

Masuk ke dalam mobil, pastikan AC berfungsi baik dan dingin. Embusan AC yang tidak dingin akan membuat kaca depan mobil berembun dan mengganggu visibilitas.

Selain itu, pemilik kendaraan juga perlu memperhatikan bagian dalam mobil karena lama tidak terpakai, Anda mungkin menurunkan payung dari dalam mobil. Cek tempat biasa meletakkan payung dan pastikan bisa berfungsi dengan baik.

Siapkan sandal plastik untuk dipakai keluar masuk mobil seperti ketika di pom bensin, sehingga tidak perlu pakai sepatu pantofel apalagi high heel yang menyulitkan. Terlihat sepele, tidak ada salahnya Anda menyiapkan minimal kaos untuk jaga-jaga bila kehujanan saat mau masuk mobil.

“Pastikan pula mobil selalu dirawat berkala ke bengkel sehingga konfisi mobil tersebut tetp prima dan siap meluncur di segala kondisi teasuk saat musim hujan,” ujarnya.

Anda bisa memberikan kepercayaan pada bengkel Auto2000 untuk memeriksa kondisi mobil sebagai persiapan musim hujan. Caranya mudah, tinggal buka Auto2000 Digiroom The First Toyota Showroom in Your Pocket dan lakukan booking servis berkala. Saat servis berkala, seluruh komponen di atas akan diperiksa dengan seksama oleh teknisi Auto2000. Selain berkunjung ke bengkel, Anda bisa memilih layanan THS – Auto2000 Home Service untuk servis berkala di rumah.

Tidak hanya servis berkala, Auto2000 juga melayani Anda yang ingin melakukan perbaikan kendaraan jelang musim hujan. Bahkan saat ini ada 2 pilihan program promo aftersales. Yang pertama adalah promo Perkasa (Perbaikan Kopling, Aki, dan Shock Absorber) yang memberikan potongan harga jasa sebesar 30 persen dan diskon part sebesar 15 persen untuk perbaikan dan penggantian kopling, aki, dan shock absorber. Masa berlaku promo Perkasa hingga 30 September 2020.

Program kedua adalah paket Spontan (Siaga Kupon Perawatan) hingga 30 September 2020. Paket Spontan berlaku khusus untuk kendaraan yang sudah tidak memiliki kuota free service atau odometer di atas 50.000 Km, sehingga tetap dapat memanfaatkan servis berkala dengan biaya spesial yang mudah dan ringan. Untuk 20 pembeli pertama paket Spontan akan memperoleh die cast THS – Auto2000 Home Service secara gratis.

“Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 siap membantu Anda yang ingin memeriksa kondisi mobilnya jelang musim hujan dengan melakukan servis berkala. Tidak hanya itu, Auto2000 juga menyiapkan 2 program promo yakni Perkasa dan Spontan. Segera kunjungi website Auto2000.co.id,” jelas Ricky. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda