Jelang MTQ Tingkat OKI, Puskesmas Pampangan Akan Dirikan Posko Kesehatan

803

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Tak lama lagi, Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) akan dilaksanakan di Kecamatan Pampangan, tepatnya tanggal 19 Februari hingga 24 Februari 2020 nanti.

Oleh karena itu, agar kegiatan dapat terlaksana dengan baik, berbagai upaya pun telah dipersiapkan. Seperti dilakukan Puskesmas Pampangan, demi suksesnya gelaran tersebut, dimana berencana membuka posko kesehatan.

Posko kesehatan yang akan dibuka oleh Puskesmas Pampangan ini nantinya akan disiagakan demi mendukung pelaksanaan MTQ XXIX tingkat Kabupaten OKI dapat berlangsung dengan baik dan sukses, tanpa terkendala sedikitpun.

Pimpinan Puskesmas Pampangan Ristanadia, S.Kep, saat dikonfirmasi Senin (17/2/2020) mengatakan, pihaknya mendukung penuh kegiatan MTQ tingkat Kabupaten OKI di wilayah Kecamatan Pampangan.

“Untuk menunjang kesehatan dalam kegiatan MTQ, Puskesmas Pampangan akan dirikan posko kesehatan selama MTQ berlangsung. Disiagakan selama 5 hari sampai kegiatan itu selesai,” ujar Ristanadia

Posko ini didirikan merupakan tindak lanjut dari Dinas Kesehatan Kabupaten OKI. Kata Rista lagi, selain Puskesmas Pampangan, Puskesmas Keman juga akan ikut membantu selama kegiatan berlangsung.

“Rencananya, posko kesehatan akan ditempatkan didekat mimbar utama. Selain itu, tenaga kesehatan akan disiagakan berkeliling ke-20 titik yang menjadi tempat penginapan kafilah,” tandas Rista.

Terkait penguatan tenaga medis, Puskesmas Pampangan menyiagakan dokter, bidan, perawat, dan ambulans. Dengan begitu, masih kata Rista, apabila terjadinya gangguan kesehatan kami akan cepat melakukan penanganan.

“Namun apabila membutuhkan rujukan, Puskesmas Pampangan akan merujuk ke RSUD Kayuagung Kabupaten OKI,” tegas Rista.

Disamping itu, lanjut Rista, salah satu bentuk pencegahan penyakit, telah dilaksanakan pemeriksaan kebersihan serta fogging di setiap rumah, tempat penginapan kafilah, dan tempat pelaksanaan lomba bagi para peserta.

“Kami akan menerapkan PHBS di tempat penginapan kafilah,” tutup Rista. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda