Jaring Atlet Untuk Porprov, IPSI OKI Sukses Gelar Kejuaraan Pencak Silat BCP Cup 2019

533

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sukses menyelenggarakan kejuaraan pencak silat IPSI Open BCP Cup Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun 2019.

Kegiatan tersebut digelar Jumat (23/8/2019) – Ahad (25/8/2019) di PT BCP Kebun Bumi Arjo Kecamatan Lempuing Kabupaten OKI yang diikuti oleh seluruh perguruan silat yang ada di OKI, diantaranya PSHT, Pagar Nusa, Tapak Suci, IKSPI Kera Sakti, Persinas ASAD, Jetkundo, HIMSSI dan Tapak Manunggal  yang berjumlah sekitar 225 orang peserta.

Kejuaraan pencak silat IPSI Open BCP Cup tahun 2019 ini terselenggara berkat kerjasama antara IPSI OKI dan Wilmar PT. Buluh Cawang Plantations. Melalui dana CSR PT. BCP turut peduli dalam rangka pelestarian seni budaya Indonesia, yaitu seni budaya pencak silat. Oleh karena itu, PT. BCP mewujudkan kepeduliannya terhadap pencak silat melalui event kejuaraan tersebut.

Ketua IPHI OKI Agus Masnanto SP MP mengatakan, pencak silat sebagai aspek mental spiritual, aspek seni budaya, aspek bela diri dan aspek olahraga serta warisan budaya bangsa Indonesia dalam perkembangannya telah berhasil mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia, baik dalam lingkup regional maupun internasional.

Sebagai warisan leluhur yang bersifat positif, pencak silat menjadi jati diri bangsa Indonesia dan sudah sepantasnya jika pencak silat diajarkan di usia dini serta kepada generasi muda penerus bangsa, demi menjaga kelestarian pencak silat itu sendiri.

“Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten OKI salah satu wadah perguruan pencak silat dan pelestari pewaris budaya. IPSI OKI dengan segenap daya upaya selalu berusaha melestarikan pencak silat, baik sebagai seni budaya, olahraga, serta beladiri, kepada lembaga-lembaga pendidikan, generasi muda, dan masyarakat OKI pada umumnya. Sehingga dapat terwujud serta dapat membentuk generasi muda yang berbudi pekerti luhur, tahu benar dan salah, kuat fisik, mental dan spiritual yang mampu menangkal segala pengaruh negatif. Salah satu langkah kongkrit dalam perwujudan hal tersebut dengan menggelar kejuaraan pencak silat IPSI Open BCP Cup Kabupaten OKI tahun 2019,” terang Agus.

Menurut dia, kejuaraan ini selain untuk melestarikan seni budaya bangsa dan kecintaan kepada pencak silat serta dapat mencetak atlet-atlet pencak silat dari seluruh perguruan yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Serta hasil dari kejuaraan lomba tersebut akan diikutkan sebagai peserta pada kejuaraan pencak silat di tingkat Provinsi Sumatera Selatan pada bulan November 2019 yang akan datang.

“Tentu tujuan dan manfaat dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan budaya sebagai jati diri bangsa Indonesia, meningkatkan ketahanan jasmani dan rohani, membina dan pembentukan sikap kepribadian dan rasa cinta generasi muda terhadap budaya bangsa kita sendiri serta mencetak atlet-atlet pencak silat di Kabupaten OKI,” jelasnya.

Kegiatan ini sendiri, sambungnya, mempertandingkan berbagai katagori baik dewasa maupun remaja dengan berbagai kelas, baik perorangan maupun beregu.

“Wasit serta juri yang akan bertugas dalam pertandingan ini berasal dari Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten OKI. Juara umum satu, dua dan tiga mendapatkan tropi dan dana pembinaan,” tandasnya seraya mengatakan, perlu dukungan dari pemerintah terkait dengan pembinaan cabang olahraga dan seni pencak silat di OKI yang saat ini dirasakan sangat minim.

Sementara itu Taufik, SP yang merupakan GM PT. Buluh Cawang Plantations merasa sangat senang diberikan kesempatan untuk turut serta peduli terhadap pelestarian seni budaya Indonesia, terutama terhadap seni budaya pencak silat.

“Oleh karena itu, melalui dana CSR perusahaan PT. BCP menyiapkan dana untuk menyelenggarakan event kejuaraan pencak silat, Dan untuk tahun 2019 adalah event kejuaraan pencak silat yang ke-4 kalinya, serta event ini dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT RI yang ke-74,” ujarnya.

Ketua Perguruan Pencak Silat PSHT OKI, Supriyanto GT, menyampaikan apresiasi kepada perusahaan PT.BCP yang telah turut peduli dan turut serta ikut melestarikan seni budaya, terutama pencak silat yang ada di OKI. Dan bahkan, menjadi agenda tahunan bagi perusahaan untuk melaksanakan event pencak silat di OKI. Semoga melalui kejuaraan ini akan lahir atlet-atlet yang berprestasi, baik di tingkat daerah, provinsi maupun nasional.

Ketua KONI Kabupaten OKI Muhammad Refly, S.Sos.MM mendukung sepenuhnya atas apa yang telah dilakukan pengurus IPSI OKI, dalam rangka mencetak atlet-atlet berprestasi, dengan harapan para pesilat dapat menunjukkan prestasi yang membanggakan bagi Kabupaten OKI.

Pembukaan kejuaraan pencak silat IPSI Open BCP Cup tahun 2019 ini dihadiri oleh Ketua KONI OKI, Camat Lempuing, Kapolsek Lempuing, pimpinan PT. BCP, para ketua perguruan, ketua IPSI kecamatan dan tokoh masyarakat sekitar perusahaan.

Hasil kejuaraan pencak silat IPSI Open BCP Cup tahun 2019 telah selesai tanggal 25 Agustus 2019 dengan peraih juara umum kontingen dari PSHT Kecamatan Lempuing dengan 9 medali emas, 4 perak, 4 perunggu. Disusul kontingen dari PSHT Kecamatan Mesuji Makmur dengan 4 medali emas, 5 perak, 5 perunggu. Dan peringkat ketiga kontingen dari PSHT Kecamatan Kayuagung dengan 3 medali emas, 1 perak, dan 3 perunggu. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda