Inilah Tata Cara Pengisian Data di Website Sensus Penduduk Online

512

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Jajaran BPS Kota Padangsidimpuan optimis terhadap pencapaian target pelaksanaan sensus penduduk online. Target yang diberikan BPS Provinsi Sumatera Utara kepada BPS setempat adalah sebesar 30 persen.

“Insya Allah taget itu akan tercapai,” kata Kepala BPS Kota Padangsidimpuan Hafsyah Aprillia, seusai melaksanakan kunjungan pendampingan sensus penduduk online kepada Walikota Padangsidimpuan.

Di hari pertama sensus penduduk online dimulai, Hafsyah mengajak seluruh masyarakat Padangsidimpuan agar mencatatkan informasi kependudukan yang akurat ke website tersedia.

“Siapkan NIK dan Nomor KK untuk pengisian sensus secara online melalui sensus.bps.go.id. Pastikan anda mengisi sensus penduduk online dengan lengkap sebelum tanggal 31 Maret 2020. Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi (021) 3841195. Mari bersama mencatat Indonesia,” jelasnya.

Sensus dimaksud hanya bisa melalui laman sensus.bps.go.id mulai 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Tata cara pengisian, sebelumnya masuk ke laman sensus.bps.go.id. Masukkan Nomor Indok Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga. Isi kode yang tampak dibawah nomor KK, lalu klik ‘cek keberadaan’.

Seterusnya, buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan, lalu klik ‘buat password’ untuk pengamanan data yang sudah dicatatkan pada sensus penduduk online. Pengakses lalu memasukkan kata sandi yang sudah dibuat, kemudian klik ‘masuk’.

“Bacalah panduan awal mengenai pengisian sensus penduduk online, lalu klik ‘mulai mengisi’. Ikuti petunjuk dan jawablah seluruh pertanyaan dengan jujur dan benar. Setelah menjawab seluruh pertanyaan, pastikan bahwa status data setiap anggota keluarga ‘sudah update’, lalu klik ‘kirim’.

“Terakhir, unduh bukti pengisian dan selesai. Informasi kependudukan anda sebagai dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan Indonesia. Keberhasilan informasi anda dijamin undang-undang,” ujar Hafsyah. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda