HKN ke-57, Pemkab OKI Beri Penghargaan Nakes Sebagai Pahlawan Pandemi

44
Sekretaris Daerah Husin saat memberikan penghargaan dalam acara peringatan HKN ke-57 di Kayuagung, Jumat (12/11). (Sumber Foto Kominfo OKI)

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memberikan penghargaan kepada tenaga kesehatan (nakes) di momentum peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57. Karena nakes adalah pahlawan di tengah pandemi Covid-19.

“Kepada para pahlawan ini, apresiasi diberikan pemerintah, diantaranya berupa piagam penghargaan maupun dukungan finansial seperti insentif bagi mereka yang berjuang melawan pandemi Covid-19,” ujar Bupati OKI melalui Sekretaris Daerah H. Husin, S.Pd MM M.Pd pada peringatan HKN ke-57 di Kayuagung, Jumat (12/11).

Husin mengatakan, untuk mendukung para tenaga kesehatan, dibutuhkan kepatuhan masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan di setiap aktivitas.

“Kita perlu terus menguatkan kepatuhan dan kesadaran vaksinasi serta optimisme untuk gotong-royong, yang menjadi modal kita bangkit dari belenggu pandemi Covid-19,” pungkas dia.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan OKI melalui Sekretaris Dinas Linda Asmarini, SKM mengatakan, HKN ke-57 tahun ini dapat dijadikan momentum untuk memperkuat edukasi masyarakat.

“HKN ke-57 ini menjadi waktu yang tepat untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta memberikan apresiasi tertinggi bagi semua pihak yang telah berkontribusi dalam penanganan Covid-19,” jelas Linda.

Linda menambahkan, akan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan melalui upaya kesehatan promotif dan preventif. Dengan begitu, seluruh komponen masyarakat dapat kembali produktif di era adaptasi kebiasaan baru.

Rangkaian peringatan HKN ke-57 di Kabupaten OKI dimulai pada tanggal 25 Oktober 2021 melalui kegiatan pengabdian masyarakat berupa keroyok vaksinasi di seluruh fasyankes kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ilir, penyerahan bantuan alat transportasi kesehatan pada 28 Oktober 2021, perlombaan pada tanggal 9-11 November 2021, serta acara puncak yang diisi dengan senam bersama dan penghargaan bagi tenaga kesehatan tahun 2021. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda