Heboh, Warga Arisan Buntal Temukan ‘Harta Karun’ Diduga Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

450

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Sejak Kamis (10/8/2023) sore, warga Desa Arisan Buntal Kecamatan Kayuagung Kabupaten OKI ramai mencari ‘harta karun’ diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya di bawah Jembatan Tol Desa Arisan Buntal Kecamatan Kayuagung Kabupaten OKI. Bahkan beberapa warga ada yang menemukan berbagai barang antik.

Septa, pencari harta karun ini mengaku awalnya ia ke lokasi ingin memberikan ikan makan di keramba, kemudian ada temannya bernama Wawan datang duduk di lokasi.

“Pertama saya melihat ada sesuatu yang timbul, awalnya dikira kawat. Saat saya dan Wawan turun untuk menyelam, ternyata mahkota,” terangnya, Jumat (11/8/2023).

Di kedalaman 20 Cm tersebut, mereka berhasil menemukan beberapa barang antik lainnya. Bahkan ada yang sudah membawanya ke Tulung Selapan untuk dicek, apakah itu emas atau bukan.

“Kalau sekarang bertambah banyak yang turun ke sungai mencari barang antik ini,” jelas dia.

Kapolsek Kayuagung IPTU Sudiarto membenarkan adanya kejadian itu. Kata dia, menurut informasi ada yang sudah menemukan barang antik, tapi belum diketahui keasliannya.

Karena kegiatan masyarakat ini membuat kemacetan dan keramaian, ia pun mengimbau agar masyarakat tidak memaksakan diri mencari barang antik tersebut.

Di lapangan, ia juga meminta pengendara dan warga yang ingin melihat langsung ke lokasi jangan memarkirkan kendaraannya sembarangan, sehingga tidak membuat kemacetan.

“Kalau dari informasi ada beberapa jenis barang antik yang ditemukan,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Kayuagung Iskandar S.Sos menambahkan, kepada warga yang turun ke sungai maupun yang ingin melihat langsung agar tetap berhati-hati.

“Jangan sampai mengganggu lalu lintas, dan barang yang ditemukan juga belum diketahui apakah berharga dan harus dikroscek keasliannya,” singkat dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda