Gubernur Arinal Djunaidi Bersama Ketua TP PKK Provinsi Lampung Hadiri Acara ‘Istana Berbatik’

59

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Gubernur Arinal Djunaidi bersama Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal menghadiri acara ‘Istana Berbatik’ yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo, bertempat di Istana Merdeka, Ahad (1/10/2023).

Presiden Joko Widodo saat membuka acara Istana Berbatik mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan rasa bangga terhadap batik sebagai warisan budaya bangsa.

Presiden menambahkan, Indonesia patut bersyukur memiliki batik sebagai warisan budaya yang sangat melekat dengan bangsa Indonesia dan diakui oleh UNESCO.

“Bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki batik yang bukan saja sebagai karya seni biasa, tetapi merupakan warisan budaya tak benda dunia dengan simbolisme, teknik, dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia,” kata Presiden.

Pada kesempatan yang sama, Presiden juga mengajak masyarakat Indonesia untuk aktif melestarikan serta mengembangkan batik.

Istana berbatik merupakan sebuah pagelaran busana yang menampilkan ragam batik nusantara yang sarat akan makna filosofis dan digelar dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2023.

“Pada pagelaran ini kita akan menyaksikan bagaimana batik telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia dari masa ke masa, generasi ke generasi, dan telah menjadi bagian diplomasi budaya Indonesia,” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga Ketua Panitia ‘Istana Berbatik’, Angela Tanoesoedibjo.

Diatas catwalk sepanjang 150 meter dengan latar belakang Istana Merdeka yang megah, 503 orang peraga istimewa menampilkan koleksi batik terbaik dari berbagai kerajaan di nusantara, UMKM binaan Bank Indonesia dan BRI, serta batik karya para perancang busana Indonesia.

503 orang peraga istimewa tersebut termasuk para perwakilan kerajaan, pimpinan lembaga negara, duta besar, para menteri kabinet, perwakilan kementerian/lembaga, para Ibu OASE, para Gubernur, publik figur, atlet dan model.

Istana Berbatik yang dihadiri sekitar 4.380 undangan itu dimeriahkan juga dengan persembahan seni tari dan pameran UMKM batik sebagai wujud dukungan bagi karya anak bangsa.

“Kami berharap, melalui acara ini, batik sebagai warisan budaya Indonesia semakin digemari, semakin dikreasikan, semakin sering dikenakan sehingga semakin lestari dan menyejahterakan,” ucap Angela. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda