Gandeng Swasta, Bupati OKI Hadirkan Air Bersih Bagi Warga Air Sugihan

97

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) H. Iskandar SE menginisiasi pembangunan sarana pengelolaan air bersih di wilayah yang mengalami kesulitan air bersih seperti Kecamatan Air Sugihan.

Pembangunan Sarana Pengelolaan Air Minum (SPAM) itu bekerjasama dengan PT OKI Pulp and Paper Mills dan PT SAML.

“Karena air sumber kehidupan, baik untuk kesehatan, sanitasi, mengatasi miskin dan  stunting,” ujar Bupati OKI Iskandar pada saat pencanangan pembangunan booster Sarana Pengelolaan Air Minum (SPAM) di Desa Bukit Batu Kecamatan Air Sugihan, Kamis (14/9/2023).

“Dari intake PT OKI Pulp dialirkan melalui booster untuk disebar ke hampir dua ribuan rumah tangga di Air Sugihan,” jelas Iskandar.

Pembangunan booster ini ditarget selama 2 tahun pengerjaan.

Selama berpuluh tahun, masyarakat pesisir Air Sugihan OKI sangat kesulitan akses air bersih. Selama itu pula, warga disana menggunakan air payau atau menampung air hujan untuk kebutuhan air bersih.

Saat musim kemarau dan minim curah hujan, beberapa dari mereka juga membeli air bersih di lokasi yang jauh, dengan dana yang tidak sedikit. Sebab itu, Ketua Forum Kepala Desa Air Sugihan Fadli mengatakan, kehadiran air bersih menjadi mimpi warga disana.

“Berpuluh tahun sejak trans Air Sugihan ini dibuka, listrik dan air bersih hanya mimpi bagi kami,” ungkap dia.

“Namun sejak 2014, listrik telah hadir dan air bersih akan segera mengalir ke rumah-rumah warga Air Sugihan,” tambahnya.

Air bersih, menurut Fadli, merupakan amal kebaikan yang akan terus mengalir. “Membawa kebaikan untuk percepatan pembangunan di Air Sugihan,” tandasnya.

Selain berterima kasih, warga menurut Fadli berharap, perusahaan sekitar membantu percepatan realisasi sarana air bersih bagi masyarakat Air Sugihan. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda