Fluktuasi Harga Sembako di Kabupaten Magelang Jelang Ramadhan

44
Aktifitas jual beli di Pasar Muntilan.

MAGELANG-JATENG, BERITAANDA – Sejumlah sembako mengalami perubahan harga menjelang bulan Ramadhan yang akan berlangsung pada April 2021 ini.

Berdasarkan data dari Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang, sejumlah sembako mengalami perubahan harga.

Sembako yang mengalami kenaikan harga antara lain minyak goreng kemasan dari Rp 13 ribu menjadi Rp 14 ribu, daging ayam broilerdari Rp 30-32 ribu menjadi Rp 36-37 ribu, cabai rawit merah dari Rp 50 ribu menjadi Rp 70 ribu, bawang putih dari Rp 26-27 ribu menjadi Rp 28-29 ribu, bawang merah dari Rp 20-22 ribu menjadi Rp 25-28 ribu, dan telur dari Rp 20 ribu menjadi Rp 23 ribu per Kg.

Kepala seksi Distribusi Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang, Tri Handayani mengatakan, fluktuasi harga sejumlah sembako yang terjadi menjelang Ramadhan dipengaruhi permintaan dan juga ketersediaan akan barang kebutuhan pokok saat ini.

“Seperti harga cabai naik dikarenakan ketersediaannya sedikit akibat banyak tanaman petani terserang penyakit, sama juga dengan bawang merah yang harganya naik karena sudah lewat musim panen,” ujar Handayani kepada BERITAANDA, Selasa (6/4).

“Kalau harga daging dan telur mengalami kenaikan, karena di bulan puasa lebih banyak permintaan,” imbuhnya.

Ia menyampaikan upaya Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang guna menstabilkan harga sembako adalah dengan koordinasi dengan Dinas Pertanian, Kemendag, maupun melaksanakan sidak di pasar. [Faisal]

Bagaimana Menurut Anda