Erdogan Bertemu Para Pemimpin Hamas yang Diburu AS

89

DUNIA, BERITAANDA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan bertemu dengan kepemimpinan Hamas di Istanbul pada 22 Agustus lalu. Dua pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dan tokoh nomor duanya, Saleh Al-Arouri, yang ditunjuk sebagai teroris oleh AS dan akan diberi hadiah 5 juta dolar kepalanya itu turut menghadiri pertemuan tersebut.

Kepala Badan Intelijen Nasional Turki (MİT) Hakan Fidan, Direktur Komunikasi Kepresidenan Fahrettin Altun dan juru bicara kepresidenan İbrahim Kalın juga hadir.

Pertemuan itu diadakan di tengah meningkatnya ketegangan lintas batas antara Israel dan Hamas.

“Orang Mesir, Qatar dan (Utusan PBB di Timur Tengah) Nickolay Mladenov telah meningkatkan upaya mereka untuk memulihkan ketenangan, tetapi ketenangan hanya bisa datang jika Israel menyetujui tuntutan yang diajukan oleh Hamas dan faksi lain, “kata seorang pejabat Palestina kepada Reuters pada 21 Agustus.

Belakangan situasi Palestina memang semakin tegang. Israel sudah lantang menyatakan akan menjadikan Kota Yurasalem timur sebagai ibukota negaranya. Presiden AS Donald Trump sudah mendukung. Bahkan yang terakhir Uni Emirat telah membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Sedangkan kekuatan terbesar dan paling kuat di Palestina, Hamas, terus menolaknya dengan menyatakan siap berperang. (*)

Sumber: republika.co.id

Bagaimana Menurut Anda