Diterpa Hujan dan Angin Kuat, Tenda serta Gerobak UMKM Pasar Baru Ambruk

104
Kondisi tenda dan gerobak pedagang UMKM di halaman Pasar Baru mengalami kerusakan parah. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Belasan tenda dan gerobak bantuan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMK) Pemkab Sekadau di halaman Pasar Baru amburuk. Hal ini disebabkan kondisi cuaca hujan disertai angin kencang, Selasa (30/3) pukul 18.30 WIB.

Sejak siang hari, cuaca panas sangat terasa menyengat di Kota Sekadau. Jelang malam, cerahnya cuaca berubah drastic, mendung pekat kehitaman.

Belum lama azan Maghrib berkumandang, hembusan angin perlahan mulai terasa. Tak lama berselang, hujan disertai angin kencang mulai menerpa tenda-tenda pedagang UMKM di Pasar Baru.

Beberapa pedagang terlihat panik memegangi tiang-tiang tenda mereka. Beberapa tenda lainnya, mulai tergeser dan ambruk. Begitu juga degan beberapa gerobak pedagang tumbang ke paving block di halaman Pasar Baru, sehingga menyebabkan kerusakan.

Para pedagang yang didominasi kaum ibu, terlihat panik. Mereka dievakuasi bersama anak-anak ke kantor pasar untuk menghindari hujan dan angin serta tenda-tenda yang ambruk. Sementara para pedagang pria bahu-membahu membantu memegangi tiang-tiang tenda yang masih berdiri agar tidak ambruk atau terbang di tengah hujan.

“Anginnya sangat kuat, beberapa gerobak sudah tumbang, di susul tenda,” kata salah satu pedagang di tengah kepanikan.

Kondisi ini berlangsung lebih dari 20-an menit sampai menjelang pukul 19.00 WIB. Pasca hujan dan angin, para pedagang disibukkan dengan memeriksa kondisi isi tenda dan gerobak yang telah rusak beserta isi dagangan yang dapat diselamatkan.

Kondisi cuaca di Kota Sekadau jelang pukul 21.00 WIB, masih diguyur hujan. Namun degan intensitas yang tidak begitu kuat. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda