Disdukcapil OKI Kembali Berikan Pelayanan Jelades Semedi, Kali Ini Sasarannya ke Desa Kalideres Mesuji

23

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kembali berikan pelayanan jelades semedi (jemput bola di desa, sehari mesti jadi). Kali ini sasarannya ke Desa Kalideres Kecamatan Mesuji, Selasa (14/9).

Bekerjasama dengan pemerintah setempat dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, tim Disdukcapil OKI pun melakukan perekaman KTP – el, cetak KTP-el, kartu keluarga (KK), akta kelahiran, dan kartu induk anak (KIA).

“Kegiatan yang dilakukan hari ini di Desa Kalideres Mesuji, sebagai bentuk upaya pemerintah memberikan pelayanan prima yang efektif dan efisien untuk masyarakat di Kabupaten OKI,” jelas Kepala Disdukcapil OKI H. Hendri SH MM.

Melalui program jelades semedi, jelas dia lagi, kita memfasilitasi pembuatan dokumen kependudukan di kantor desa dan kantor kecamatan. Pelayanan ini diberikan tanpa dipungut biaya sedikitpun sehingga sangat membantu masyarakat dalam melengkapi dokumen kependudukannya.

“Ini juga upaya kita dalam membahagiakan masyarakat. Program ini permudah warga yang bertempat tinggal jauh dari kantor Disdukcapil OKI, dan mempercepat proses pembuatan dokumen kependudukannya, dengan begitu masyarakat terbantu,” ungkap dia.

Karena kita tahu, kesadaran masyarakat dalam hal administrasi kependudukan masih kurang, terlebih dengan kondisi jarak yang jauh. Lanjut dia, maka dari itu, kendati kita [Disdukcapil OKI] juga telah sediakan layanan secara online melalui WhatsApp, namun program jelades pun tetap dilanjutkan.

“Sebab, sejak program jelades dilakukan, pencapaian cakupan kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten OKI naik secara signifikan. Semula pada 2018 sebanyak 73 persen, lalu 2019 sebanyak 78,4 persen. Pada 2020 kian meningkat menjadi 85,5 persen,” terang dia. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda