Disdik OKI Bangun 40 RKB yang Tersebar di 18 Kecamatan

789

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Memasuki bulan November 2019 ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengklaim bahwa pihaknya sedang melangsungkan proses pembangunan ruang kelas baru (RKB) bagi sekolah yang tersebar di 18 kecamatan.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKI Muhammad Amin, melalui Kepala Bidang Peningkatan Pembangunan Fasilitas Pendidikan, Umar Hasan, saat dikonfirmasi wartawan perihal tersebut, Senin (4/11/2019).

Dirinya mengakui, tahapan pembangunan RKB ini membutuhkan proses yang panjang. Tercatat, di tahun 2019 ini ada sebanyak 40 RKB yang tersebar di 18 kecamatan dalam wilayah Kabupaten OKI.

“Untuk pembangunannya, RKB ini kan melalui proses lelang. Ada yang dilelang duluan, ada yang belakangan. Oleh karena itu masih ada yang dalam proses bangun, tapi Desember harus selesai,” ujarnya.

Ke-40 RKB yang dibangun pada tahun 2019 ini adalah berasal dari anggaran pembangunan, katanya lagi, terdiri 20 RKB bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan 20 RKB dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Selain melaksanakan pembangunan RKB, ada juga rehab, yang mana dana rehab ini bersumber dari DAK dan APBD. Termasuk juga pembangunan perpustakaan dan jamban di tingkat SD dan SMP,” pungkasnya.

Setiap tahun selalu ada pembangunan ruang kelas baru ataupun rehab. Lanjutnya, tujuannya agar para siswa dapat belajar dengan nyaman tanpa mengkhawatirkan bangunan sekolah.

“Dengan begitu, kita berharap pendidikan di Kabupaten OKI kian lebih baik tahun ini. Dimana kebutuhan siswa bisa diakomodir seperti kebutuhan ruang belajar,” tuturnya.

Ditambahkannya, untuk lokasi RKB yang dibangun tahun ini lebih difokuskan kepada 7 kecamatan, diantaranya Kecamatan Tanjung Lubuk, Cengal, Mesuji Raya, Tulung Selapan, SP Padang, Lempung Jaya, dan Sungai Menang. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda