Dinas Tenaga Kerja Muara Enim Sayangkan Ada 11 Orang Melapor Kena PHK

570

MUARA ENIM, BERITAANDA – Hingga saat ini tercatat ada 11 orang di Kabupaten Muara Enim yang melaporkan diri bahwa telah mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), Kamis (7/5/2020).

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Muara Enim, Hj Siti Herawati SH, bahwa pihaknya tidak mengharapkan adanya PHK di perusahaan-perusahaan yang ada di Muara Enim.

“Hal ini sudah kita imbau keperusahaan-perusahaan, apalagi dalam situasi Covid-19 seperti saat ini, meskipun tidak kita pungkiri, pendapatan perusahaan juga pasti menurun,” katanya.

Dijelaskan Hera, sejauh ini tercatat ada sebanyak 11 orang yang kena PHK dari pekerjaannya. “Itu yang melapor ke kita, untuk yang dirumahkan ada sebanyak 738 orang, dan mereka inilah yang kita harapkan nantinya bisa mendapatkan Kartu Prakerja,” katanya.

Ia juga mengatakan, Kartu Prakerja yang sudah mendaftar dari Kabupaten Muara Enim sekitar 3.000 lebih. “Sementara di kuota untuk Sumsel cukup banyak sekitar 83 ribuan, artinya kalau dibagi seluruh kabupaten / kota yang ada kita bisa dapat kuota 3 ribu lebih. Karena kuotanya cukup banyak kita akan mengoptimalkan dan mendorong tenaga kerja yang kena PHK dan dirumahkan tersebut untuk mendapatkan program ini, dan mereka akan kita bantu dan kita fasilitasi untuk mendapatkan kartu ini,” katanya.

Namun, lanjutnya, bagi yang sudah mendaftar pada tahap pertama untuk mendaftakan diri dalam program Kartu Prakerja ternyata harus mendaftar ulang lagi. “Dan setelah kita cek, ternyata dari angka 3 ribu lebih yang mendaftar kemarin, untuk yang mendaftar ulang baru ada 70 orang. Dan masih banyak kesempatan bagi yang belum mendaftar ulang untuk melakukan daftar ulang lagi,” pungkasnya. (Angga)

Bagaimana Menurut Anda