Dihadapan 3 Menteri, Bupati Sergai Usulkan Penyuluh Pertanian Ditambah Lagi

224

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman melakukan video conference bersama tiga (3) menteri, bertempat di Dusun Durian Desa Melati II Kecamatan Perbaungan, tepatnya di Peternakan Kelompok Mulia Jaya, Selasa (4/2/2020).

Ketiga menteri tersebut antara lain Menteri Pertanian, Menko Kemaritiman dan Menteri Agraria Tata Ruang serta Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), sekaligus melaunching komando strategis pertanian (konstratani) yang diwujudkan dengan dashboard agriculture war room (AWR).

Bupati mengatakan, AWR merupakan salah satu bagian dari program unggulan Kementerian Pertanian yang dirangkum dalam komando strategis pertanian (konstratani). Adapun struktur dari kostratani ini jika di pusat merupakan kostranas yang langsung dipimpin oleh menteri, sedangkan di provinsi disebut kostrawil yang dipimpin langsung oleh gubernur.

“Untuk di daerah namanya kostrada yang dipimpin oleh bupati serta di kecamatan bernama konstratani yang dipimpin pihak kecamatan. Oleh sebab itu, hari ini kita melakukan video conference dengan tiga menteri untuk menunjukan kesiapan kita. Dari 17 kecamatan di Sergai, ada 5 Balai Penyuluh Pertanian (BPP) yang dilengkapi dengan alat-alat teknologi yang dapat langsung di monitor dari jauh,” jelas dia.

“Kedepannya, pertanian ada komando yang jelas dengan angka-angka data yang jelas pula. Kami disini siap mensukseskan, asalkan amunisi di daerah lengkapi, seperti sarana produksi pertanian, pupuk, irigasi semuanya bagus, maka Sergai siap mensukseskan pertanian,” tegas bupati.

Bupati juga mengusulkan kepada menteri bahwa penyuluh pertanian di Tanah Bertuah Negeri Beradat perlu ditambah lagi.

“Untuk itu kami meminta penyuluh pertanian dapat ditambahkan, minimal seratus tenaga baru. Sebab, Sergai terdiri dari 237 desa/kelurahan, sementara penyuluh pertanian disini yang tersedia tidak dapat mencukupi kebutuhan,” jelas bupati.

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga mengharapkan target surplus pertanian di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini agar terus bisa ditingkatkan. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda