Diduga Kepsek Ini Sengaja Tak Pasang Papan Informasi Untuk Cari Keuntungan Rehab Sekolah

313
Insert foto: Ketua LSM Respec Doni Antonius

KERINCI-JAMBI, BERITAANDA – Oknum Kepala Sekolah (Kepsek) SDN No 26/lll Tanjung Batu Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi, Gusti S,Pd, diduga ingin meraup keuntungan pribadi dari proyek pembangunan rehab sekolah tersebut.

Dari pantauan BERITAANDA di lapangan, Rabu (14/10/2020), proyek rehab sekolah sebanyak 4 lokal sudah berjalan lebih kurang 60 persen. Akan tetapi tidak ditemukan adanya papan informasi sebagai bentuk keterbukaan terhadap publik tentang penggunaan dana negara tersebut.

Menurut warga setempat yang enggan ditulis namanya kepada media ini menjelaskan, terkait proyek pembangunan rehab SDN 26/lll Desa Tanjung Batu, warga disini tidak tahu-menahu tentang proyek tersebut.

“Ya, bagaimana kami tahu proyek ini, karena dari awal pambangunannya sampai sekarang, kepala sekolah tidak memasang papan informasi. Mungkin biar dapat untung banyak,” ujar salah satu warga setempat.

Sementara itu Gusti selaku Kepala Sekolah SDN 26/lll Tanjung Batu saat dimintai tanggapannya mengenai tidak dipasangnya papan informasi itu menjelaskan, bukan tidak dipasang tapi belum sempat.

“Papan informasinya ada di kantor, tapi belum sempat dipasang karena saya sibuk,” ucap Gusti sambil buru-buru mau pergi.

Menanggapi hal ini, Ketua LSM Respec Doni Antonius anggkat bicara. Kata dia, seharusnya sebelum proyek mulai dikerjakan, kepala sekolah sudah memasang papan informasi, supaya publik tahu apa yang sedang dikerjakan, sumber dana dari mana, dan berapa nilai kotraknya.

“Kalau kepsek beralasan tidak sempat untuk memasan papan informasi, itu bukan alasan. Bisa jadi alas an dia supaya bisa cari untung banyak,” tegas Doni.

Ia pun meminta dinas terkait, dalam hal ini Dinas Pendidikan Kerinci, untuk memanggil dan menegur kepala sekolah tersebut. (Tomi)

Bagaimana Menurut Anda