Desa Sinyior Kategori PAAR Dinilai Tim Monitoring Provinsi Sumut

363

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Tim Monitoring Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melakukan kunjungan kerja (kunker) di Desa Sinyior Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Kamis (1/8/2019). Rombongan diterima di halaman kantor kepala desa setempat.

Informasi yang diperoleh BERITAANDA, kunjungan itu dalam rangka mengevaluasi sekaligus penilaian kepesertaan Desa Sinyior yang merupakan desa binaan kategori PAAR (Pola Asuh Anak dan Remaja) dengan cinta dan kasih sayang, dan menjadi perwakilan Tapsel di ajang perlombaan tingkat Provinsi Sumut tahun 2019.

“Monitoring ini merupakan kegiatan untuk membangkitkan semangat dalam membantu pemerintah, melakukan pembangunan di segala bidang,” sebut Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara, Nawal Edy Rahmayadi, melalui Ketua Pokja 1 TP PKK Provinsi Sumatera Utara, Bidasari Daulay.

Melalui kegiatan minitoring, imbuh dia, diharapkan akan dapat meningkatkan kesiapan desa untuk dilakukan evaluasi. Sehingga, hasilnya bisa mengharumkan nama daerahnya masing-masing.

Anggota Pokja 1 Tim Monitoring Provsu Yuliana Marpaung menambahkan, selain mengapresiasi Desa Sinyior, menurutnya, adanya sosialisasi PAAR akan semakin menambah wawasan para orangtua bagaimana metode yang tepat dalam mendidik anak-anak untuk berlaku baik.

Mewakili Bupati Tapsel, H. Syahrul M. Pasaribu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tiorisma Damayanti mengharapkan, kedatangan tim dapat merubah pola pikir generasi muda Desa Sinyior untuk bisa lebih baik kedepan, dengan tidak terpengaruh kenakalan remaja dan menghindari bahaya narkoba.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel Syaufia Lina Syahrul M. Pasaribu menghimbau para kepala desa/lurah se-Kecamatan Angkola Selatan agar mengalokasikan sebagian dari dana desa untuk pemberdayaan kegiatan remaja.

“Saya menghimbau pemerintah desa/kelurahan menyelaraskan alokasi dana desanya dengan program Bupati Tapsel yang mulai tahun 2019 ini sudah menganggarkan dana sebesar Rp50 juta untuk seluruh desa di Tapsel yang turut menjadi desa binaan,” pinta dia.

Sebelumnya, Camat Angkola Selatan Dody Kurniawan mengucapkan selamat datang kepada seluruh rombongan dan berharap tim monitoring memberikan bimbingan juga arahan yang lebih baik terkait penerapan PAAR di Desa Sinyior.

“Semoga Desa Sinyior bisa masuk enam besar dalam kategori PAAR di Tingkat Provinsi Sumatera Utara,” harap Dody.

Hadiri dalam acara kunjungan tersebut Wakil Ketua TP PKK Tapsel Nurlian Aswin Efendi, pimpinan OPD, Ketua Karang Taruna Tapsel, Camat Sayur Matinggi, Camat Angkola Muaratais, forkopimka, Ketua TP PKK Angkola Selatan, serta kepala desa/lurah berikut TP PKK se-Angkola Selatan. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda