Bank Syariah Masih Perlu Promosi Agar Makin Dikenal

242

PALEMBANG, BERITAANDA – Pertumbuhan perbankan syariah di Sumsel melampaui nasional, namun masih kalah dari nilai bank konvensional.

Untuk mengatasi itu, bank syariah diminta lebih gencar melakukan promosi agar semakin banyak tahu manfaat bertransaksi di perbankan syariah. Belum lagi dari segi fasilitas dan kemampuan, bank syariah juga harus terus mengembangkan teknologinya agar bisa bersaing dengan bank konvensional.

“Festival Ekonomi Syariah menjadi salah satu wadah promosi mengamati produk perbankan syariah yang bisa digunakan masyarakat bukan hanya muslim saja, tapi juga cocok bagi non muslim,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel, Yunita Resmi Sari, Kamis (1/8/2019).

Sementara itu, Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Kantor Regional VII Sumbagsel, Sabil mengatakan, aset perbankan di Sumsel dan Bangka Belitung total Rp118 Triliun, Rp107 Triliun adalah konvensional. Sedangkan untuk Rp10,9 triliunnya atau sekitar 10 persen adalah perbankan syariah.

“Sementara itu kredit dan pembiayaan tercatat Rp99,16 triliun dengan alokasi bank konvensional Rp90,4 triliun, dan sisanya Rp9 triliun bank syariah. Dana pihak ketiga, totalnya adalah Rp104,8 triliun, konvensional Rp96,45 triliun, sedangkan syariah Rp8,41 triliun atau dikisaran 8 perse,” kata dia.

“Pertumbuhan bank syariah di atas 30 persen atau memampukan angka nasional, tapi karena porosnya kecil tetap saja belum sebanding dengan bank secara konvensional. Untuk market share syariah pulau Sumatera masih cukup tinggi. Dimana, untuk market share-nya lebih tinggi dari nasional sehingga masih harus bergerak lebih cepat,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) Sumsel, Saekan Noor mengatakan, bank syariah berupaya membidik pangsa pasar pemerintah. Karena hingga kini belum ada pemerintah yang mengelola keuangannya secara penuh di bank syariah.

“Padahal potensi itu sangat besar apabila APBD atau APBN dikelola melalui perbankan syariah,” pungkas dia. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda