Dankormar Buka Kursus Penanggulangan Teror Aspek Laut 2021

103

JAKARTA, BERITAANDA – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono secara resmi membuka kursus penanggulangan teror aspek laut (PTAL) angkatan ke-16 tahun anggaran 2021, di Kesatrian Arthur Solangs, Markas Komando (Mako) Detasemen Jala Mangkara (Denjaka), Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (10/12).

Kursus PTAL yang diikuti prajurit Jalasena terpilih yang berkualifikasi khusus, yaitu dari prajurit Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Prajurit Intai Amfibi Marinir yang tangguh dan unggul yang akan mengikuti program kursus penanggulangan teror aspek laut selama kurang lebih 6 bulan.

Kegiatan tersebut diikuti 1 SST (Satuan Setingkat Peleton) pasukan upacara dari Denjaka, pelatih PTAL, siswa PTAL, Kopaska, Taifib 1 Marinir, Korps Musik dan Brigif 1 Mar yang dipimpin komandan upacara Mayor Marinir Haryono yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Seksi Perencanaan dan Anggaraan (Kasirengar) Denjaka TNI AL.

Pembukaan kursus penanggulangan teror aspek laut ini ditandai dengan pelepasan tanda pangkat dan pemasangan tanda siswa PTAL oleh Dankormar kepada salah satu perwakilan peserta kursus.

Dalam amanatnya, Dankormar mengatakan kegiatan kursus ini bertujuan untuk memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka rekrutmen personel pengawak satuan Detasemen Jalamangkara TNI Angkatan Laut.

“Kemampuan tren aksi teror serta aktivitas terorisme global yang telah berkembang sedemikian rupa merupakan tantangan dan menuntut peningkatan kemampuan personel Denjaka sebagai satuan penanggulangan teror TNI aspek alut,” tegas Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono.

Mengakhiri amanatnya, mantan Komandan Denjaka era tahun 2005 sampai 2008 dan 2011 sampai 2012  tersebut mengucapkan selamat berlatih kepada peserta kursus.

“Ikuti seluruh rangkaian kegiatan kursus ini dengan baik dan penuh semangat, agar sasaran program kursus yang diharapkan dapat tercapai secara optimal dan memiliki kepribadian jiwa kesatria, patriot pejuang tanpa pamrih, profesional, militan, pantang menyerah dan setia mengabdi kepada ibu pertiwi,” jelas dia.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadiswatpersal, Wadankormar, Irkormar, Danpasmar-1, Danpuskopaska, beberapa Pejabat Teras Mabes TNI-AL dan TNI-AD, seluruh Asisten Dankormar dan Kadis Kormar, Dankolak Pasmar-1, Wadan Kasat 1 Gegana Brimob, Dansat Gultor 81 Kopasus TNI AD, Dansat Bravo 90 TNI AU, serta Dansat Kopaska Koarmada II. (Katharina Yanuarti)

Bagaimana Menurut Anda