Cawisan Anak-anak Digelar Setiap Kamis Malam, Upaya Menjadikan Generasi yang Lebih Baik

97
Kegiatan cawisan anak-anak yang digelar setiap Kamis malam di Masjid Baiturrahim Payaraman Timur

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Kemajuan peradaban suatu bangsa dan agama, salah satunya ditentukan oleh terbukanya informasi dan banyaknya ilmu yang diserap oleh otak manusia. Hal inilah yang menjadi alasan pihak pengurus Masjid Baiturrahim Kelurahan Payaraman Timur Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir [OI] menggelar kegiatan pembelajaran ilmu Islam atau di daerah ini disebut cawisan.

Setiap malam Jumat, di masjid yang berlokasi di pusat kelurahan itu, puluhan anak – anak mengikuti cawisan.

Dalam cawisan itu, beragam pembelajaran tentang Islam diberikan kepada mereka. Baik itu membaca Alquran, membaca doa dan ilmu tajwid serta Tauhid, juga hafalan surah pendek, yang mana kesemuanya itu merupakan bagian tak terpisahkan dalam mendalami agama Islam. Sebelumnya mereka juga diajak sholat Maghrib dan diakhiri sholat berjamaah.

“Harapan kami anak – anak ini yang merupakan generasi penerus bisa menjadi pribadi yang baik, mengenal Islam, bisa baca tulis Alquran dan mempunyai adab atau etika yang baik juga. Insya Allah mereka nanti menjadi orang-orang panutan saat dewasa kelakm,” ucap Ustadzah Hayatinnisa yang diketahui sebagai ketua dari kegiatan itu, saat dibincangi BERITAANDA, Kamis (4/2) malam.

Sementara Aidil Sutarnas, salah satu tokoh pemuda setempat, mengaku mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan perlu terus digalakkan.

“Ini penting terus digalakkan. Anak-anak ini adalah aset masa depan, mungkin diantara mereka nanti akan menjadi pemimpin, tak hanya disini, bisa jadi menjadi pemimpin bangsa kelak. Patut juga didukung pihak terkait, sehingga keberlangsungan kegiatan juga akan makin terus ada,” pungkasnya. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda