Bupati Tapsel: Pancasila Adalah Anugerah Tiada Tara

443

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) memperingati hari lahir Pancasila ke-74 tahun 2019, bertempat di lapangan Parade, kantor Bupati Tapsel, Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, Sabtu (1/6/2019).

Selaku inspektur upacara (irup), Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu, ketika membacakan amanat Ketua Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP) Hariyono menyebutkan, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa.

“Pancasila adalah anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia,” tegas dia.

Menurut Syahrul, walaupun kita sebagai bangsa masih belum sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, namun tak dapat kita pungkiri eksistensi ke-Indonesia-an, baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini.

Tak hanya itu, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

“Proses internalisasi inilah sehingga Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus-menerus, agar Pancasila tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kebidupan sehari-hari,” tambahnya.

Dia mengatakan, peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan Piagam Jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

“Melalui peringatan hari Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan, Kita Indonesia, kita Pancasila.”

Diakhir upacara, Syahrul menyempatkan diri menyampaikan ucapan mohon maaf lahir batin kepada seluruh peserta upacara dan nikmati libur yang panjang ini dengan tetap berhati-hati. Jaga keselamatan dalam bermudik lebaran, sehingga kembali berkantor sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Upacara dihadiri Wabup Tapsel Aswin Efendi Siregar, Sekda Tapsel Parulian Nasution, para Asisten, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, Kabag, para Camat se-Tapsel dan diikuti seluruh ASN di lingkungan Pemkab Tapsel. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda