Bupati Soekirman Ajak Orangtua Perhatikan Hak-hak Anak

229

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tahun 2019, dilaksanakan di Pantai Cermin, tepatnya di Desa Besar Terjun II, Kamis (14/11/2019).

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang diwakili oleh Sekda HM. Faisal Hasrimy AP MAP mengajak para orangtua untuk senantiasa memperhatikan hak-hak anak.

“Mari kita rawat dan kita asuh anak-anak dengan penuh kasih sayang dan tanggung jawab,” sebutnya pada acara peringatan Hari Anak Nasional tahun 2019.

“Jika kualitas anak dan generasi muda menentukan tingkat kemajuan bangsa. Setiap anak perlu mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh berkembang secara optimal, baik fisik, mental maupun sosial. Tidak kalah penting anak juga harus memperoleh perlindungan dan terpenuhi hak-haknya,” tambah dia.

“Terkhusus kepada anak-anak di Sergai, agar terus belajar, rajin beribadah dan berolahraga. Hormat dan taatlah kepada orangtua dan guru kalian. Dan teruslah berprestasi, berkreasi dan berinovasi agar anak-anak ku menjadi manusia yang unggul di masa depan,” ucap dia dihadapan para pelajar yang juga hadir dalam acara ini.

Secara khusus ia meminta kepada remaja agar menjauhi narkoba dan menghindarkan diri dari berbagai aktivitas yang tidak baik dan tidak bermanfaat.

“Di era keterbukaan informasi dan majunya teknologi media, bapak berpesan agar kalian tidak terpengaruh dan tergiur oleh materi media yang negatif, serta hiruk-pikuk budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai dan kepribadian bangsa,” tegas dia.

Dia menyebut jika Sergai telah banyak melahirkan berbagai program, kebijakan dan kegiatan yang fokus memperhatikan anak, seperti pengurusan akta kelahiran gratis yang saat ini juga Dinas P2KBP3A membuat perjanjian kerjasama dengan Dinas Capil tentang pemenuhan hak sipil anak, wajib belajar 12 tahun, puskesmas ramah anak, sekolah ramah anak, desa layak anak, serta sudah terbentuknya pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak (P2TP2A) Kabupaten Sergai, sekaligus telah dibentuknya Forum Penanganan Kekerasan Anak (FPKA) di kecamatan.

Sementara Kadis P2KBP3A Hj. Irwani Jamilah, SH M.Si, selaku ketua panitia penyelenggara menyebutkan, tujuan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa, dan semangat kebangsaan. Karenanya anak harus memiliki bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan.

“Jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” pungkas dia. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda