Bupati Sergai Ajak Generasi Muda Dekat dengan Alquran

207

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ke-XVI tahun 2020 yang dilaksanakan Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Jumat (21/2/2020) malam, berlangsung semarak.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan, penyelenggaraan MTQ Kabupaten Sergai ke-XVI tahun 2020 berlangsung selama 21- 25 Februari 2020. Ini merupakan momen yang tepat dalam upaya menyatupadukan gerakan dan langkah seluruh komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat, dalam rangka meningkatkan pembangunan di bidang keagamaan, khususnya dalam hal peningkatan kemampuan seni baca Alquran.

“Melalui kegiatan MTQ seperti ini, kita semua khususnya umat Islam akan termotivasi untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan yang terkandung dalam Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan harmonis antara pemerintahan dengan masyarakat, sehingga dapat lebih baik. Sebagaimana yang tertuang dalam tema penyelenggaraan kegiatan ini yaitu ‘menjadikan Alquran sebagai pondasi generasi muslim yang unggul, inovatif dan berkelanjutan’,” jelas bupati.

Dengan penyelenggaraan kegiatan ini, kata bupati lagi, visi Kabupaten Sergai mewujudkan masyarakat yang religius dalam bingkai kebersamaan dan keharmonisan dapat terwujud secara nyata.

“Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam telah berpesan kepada kita semua, ‘tingkatkan pada kamu sekalian dua perkara yang kamu tidak akan sesat apabila kamu berpegangan teguh kepada keduanya, yaitu kitab Allah dan sunnah nabinya’. Pesan yang disampaikan Nabi pada 14 abad silam ternyata sampai saat ini masih relevan. Jika kita lihat saat ini, banyak fenomena-fenomena yang begitu  memprihatinkan. Generasi muda kita banyak terjebak pada jurang kenistaan, dimulai dari pola pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, bahkan sampai menjurus kepada tindak kriminal yang begitu meresahkan.”

“Pengguna narkoba di Indonesia didominasi oleh kaum muda, begitu juga dengan fenomena begal yang menjamur di berbagai daerah, di semua wilayah di Indonesia, juga didominasi oleh kaum muda. Ini merupakan tanggung jawab kita, untuk menyelamatkan generasi kita dari jurang kenistaan dan jurang kehancuran. Oleh karenanya, saya mengajak semua yang hadir untuk kembali mendekatkan generasi muda kita pada nilai-nilai Qurani.”

“Mari kita bangkitkan lagi generasi gerakan ‘Maghrib Mengaji’, mulai dari tingkat dusun di seluruh surau/mushola dan masjid yang ada di lingkungan kita, sehingga melalui kegiatan ini anak-anak dan generasi muda kita dikenalkan dengan Alquran sejak dini,” jelas bupati panjang lebar.

Bupati berpesan kepada seluruh pengurus surau/mushola dan masjid untuk mengingatkan agar membuat rangkaian kegiatan kajian-kajian keislaman secara terus-menerus, untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat muslim di Kabupaten Sergai bisa belajar tentang nilai-nilai Alquran dan sunnah nabi, sehingga kehidupan masyarakat selalu terbingkai dalam nilai-nilai Alquran.

“Semoga dengan diselenggarakannya MTQ ini, dapat memberikan motivasi bagi generasi muda kita untuk belajar Alquran dengan segala bentuk pemahaman yang digambarkan melalui seluruh cabang yang dipertandingkan,” pungkas dia.

Sementara panitia pelaksana yang disampaikan oleh Sekda HM Faisal Hasrimy AP MAP menambahkan, penyelenggaraan MTQ ini memiliki maksud dan tujuan sebagai wadah meningkatkan kemampuan seni baca Alquran, sekaligus memberikan motivasi kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan isi kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

“Selain itu, untuk mengembangkan seni budaya yang Islami dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kemudian MTQ ini diikuti sebanyak 742 peserta dari 17 kecamatan se-Sergai,” pungkas dia. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda