Bupati Nias Resmikan Gedung Baru UPT. Puskesmas Sogae’adu

356

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli didampingi Wabup Arosokhi Waruwu meresmikan gedung baru UPT. Puskesmas Sogae’adu di Desa Tulumbaho Kecamatan Sogae’adu Kabupaten Nias, Kamis (31/1/2019).

Kepala UPT. Puskesmas Sogae’adu Misiria Waruwu pada sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias yang telah memberikan perhatian khusus kepada Kecamatan Sogae’adu, sehingga gedung UPT. Puskesmas Sogae’adu dapat terbangun dan berdiri megah seperti apa yang kita lihat saat ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Marthin L Harefa pada laporannya menyampaikan bahwa pembangunan gedung UPT. Puskesmas Sogae’adu dananya bersumber dari DAK afirmasi tahun 2018 sebesar Rp30 miliar, yang disasarankan pada pembangunan 3 gedung UPT. Puskesmas di Kabupaten Nias, yakni UPT. Puskesmas Hiliduho, UPT. Puskesmas Ulugawo dan UPT. Puskesmas Sogae’adu dengan masing-masing anggaran sebesar Rp10 miliar.

Terangnya lagi, rincian pembangunan fisik dan nonfisik Puskesmas Sogae’adu, yakni pagu anggara pembangunan Puskemas Sogae’adu sebesar Rp4 miliar, pembangunan rumah dinas pegawai Puskesmas Sogae’adu Rp3 miliar, pengadaan 1 mobil ambulans dan 10 unit roda 2 kurang lebih menelan anggaran seberapa Rp800 juta, pengadaan peralatan kesehatan Rp1,4 miliar, serta pengadaan pengelolaan limbah sebesar Rp600 juta.

Bupati juga menyampaikan bahwa salah satu visi dan misi Pemerintah Kabupaten Nias pada bidang kesehatan adalah meningkatkan pembangunan fisik serta jaminan kesehatan masyarakat.

“Bangunan yang berdiri ini adalah dananya bersumber dari pemerintah pusat, hal ini salah bentuk perjuangan Pemerintah Kabupaten Nias untuk mendapatkan kuncuran dana,” ungkapnya.

Selanjutnya, bupati menjelaskan bahwa disamping pembangunan fisik, Pemerintah Kabupaten Nias juga memberikan perhatian khusus untuk jaminan kesehatan melalui program JKN-KIS.

“Saat ini lebih kurang 134.549 penduduk Kabupaten Nias yang telah menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, dan kurang lebih 23.554 jiwa yang biayai oleh Pemerintah Kabupaten Nias melalui program jaminan kesehatan masyarakat dengan total anggaran sebesar Rp6.700.000.000 pada tahun 2018.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Nias menyampaikan pesan kepada Kepala UPT. Puskesmas dan seluruhnya jajarannya agar memberikan pelayanan yang baik dan prima kepada masyarakat.

“Jangan hanya gedungnya yang mewah, kiranya pelayanannya juga mewah,” tegas dia.

Usai sambutannya, Bupati Nias juga menyerahkan secara simbolis Kartu Indonesia Sehat kepada Camat Soga’eadu, untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat, dan dilanjutkan dengan pemotongan pita dan peninjauan ruangan. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda