Buka MTQ Sidimpuan, Walikota Sebut Alquran Inti Kehidupan

388

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Pemkot Padangsidimpuan menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XIX dengan sejumlah cabang perlombaan, dengan dibuka Walikota Irsan Efendi Nasution, Jumat (6/3/2020) malam, di lapangan SMAN 3.

Pembukaan MTQ ditandai pemukulan beduk secara bergantian, diawali oleh Walikota, Ketua DPRD, Dandim, Kapolres, Kakan Kemenag, dan seterusnya. Disaksikan Sekda, pimpinan OPD, kabag, camat, lurah/kepala desa, serta ribuan masyarakat yang memadati lapangan.

Walikota Irsan dalam sambutannya mengaku bangga dapat berkumpul dengan qori/qoriah, hafiz/hafizah, dan kafilah di majelis tersebut. Selain peroleh berkah, juga meneguhkan iman dan taqwa kepada Allah Subhanahu Wa Taala.

“Semoga kehadiran kita di tempat berbahagia ini semakin menguatkan ukhuwah islamiyah, khususnya bagi umat Islam di kota yang kita cintai ini,” sebut walikota seraya menegaskan Alquran adalah inti kehidupan umat Islam.

Sambung dia, Alquran syarat dengan makna kehidupan dan motivasi. Dimana semua umat Islam tahu akan sejarah luar biasa daripada Alquran. Disamping sebagai pedoman hidup, Alquran adalah media belajar agama Islam.

Selanjutnya, Irsan mengingatkan, momentum penyelenggaraan MTQ ini dapat menjadi filter bagi semua umat Islam di Padangsidimpuan. Penyaring nilai-nilai negatif dalam kehidupan bermasyarakat terhadap kemajuan global.

“Mari, kita jadikan momentum MTQ ini sebagai pondasi mengarahkan umat, terutama kaum milenial. Agar senantiasa lakukan perubahan ke arah kebaikan, serta mewujudkan cita-cita bangsa untuk melahirkan generasi muda yang berkarakter dan Qur’ani,” pesannya.

Sementara, Sekda H. Letnan Dalimunthe dalam laporannya menyebut, penyelenggaraan MTQ tahun ini mengusung tema melalui ‘MTQ XIX kita tingkatkan kerukunan umat beragama menuju masyarakat berkarakter, bersih, aman dan sejahtera (Bersinar)’.

Kemudian, sedikitnya 200 orang qori/qoriah dari enam kecamatan se-Padangsidimpuan ikut serta dalam perlombaan MTQ ini. Peserta yang keluar sebagai pemenang nantinya akan mewakili Kota Padangsidimpuan, mengikuti MTQ XVII di tingkat Provinsi Sumut. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda