Budiharto Setyawan: CSHE Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat di Bidang Pariwisata

18

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangsa Berwisata di Indonesia Aja (GBWI), Bank Indonesia [BI] Kantor Perwakilan Lampung menggelar Webinar terkait pengembangan desinasi wisata berbasiskan CHSE, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan karya kreatif Lampung 2021, Selasa (27/4).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiharto Setyawan selaku keynote speaker, diawal kegiatan menyampaikan bahwa, di era pandemi Covid-19 saat ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya mendorong penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE [Cleanliness Health Safety Environment] atau kebersihan, kesehatan, keamanan dan kelestarian lingkungan pada sektor usaha wisata dan ekonomi kreatif.

Kemudian dikatakan dia, sebagaimana diketahui sejak diberlakukannya social distancing guna pencegahan penyebaran Covid-19 sektor perekonomian terkena imbasnya, salah satunya sektor pariwisata.

“Menparekraf menyatakan bahwa kunci keberhasilan pariwisata agar dapat segera bangkit lagi adalah dengan melaksanakan protokol kesehatan berbasis CHSE dengan baik dan disiplin di tiap destinasi tujuan wisata serta pelaku sektor wisata,” terang Budiharto.

Di tengah pandemi, kunci utama pemulihan pariwisata adalah penanganan Covid-19 sebagai necessary condition, antara lain dengan memberikan alokasi vaksinasi terhadap pelaku usaha pariwisata (prioritas), memperketat protokol kesehatan pariwisata, sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran protokol kesehatan.

“Provinsi Lampung memiliki potensi yang besar di bidang pariwisata dengan keindahan alam, kuliner, kerajinan yang bisa menjadi data tarik bagi wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. Oleh sebab itu percepatan sertifikasi dan penerapan CHSE merupakan isu penting yang perlu menjadi perhatian termasuk memadukan GBBI dan GBWI yang telah dicanangkan oleh Presiden RI,” jelas Budiharto.

Beliau juga berharap dengan adanya CHSE ini kualitas perlindungan kesehatan masyarakat di bidang pariwisata akan semakin baik.

Turut hadir pada penyelenggaraan webinar ini antara lain Dendi Ramadhona K, ST M.Tr.I.P (Bupati Pesawaran), Mukhlis (Direktorat Manajemen Industri Kemenparekraf), Edarwan, SE M.Si (Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung), Friandi Indrawan, dan Sekretaris BPD PHRI Prov. Lampung. [Katrine]

Bagaimana Menurut Anda