Brigif 4 Mar/BS Gelar LSL di Pesawaran

283

PESAWARAN-LAMPUNG, BERITAANDA – Latihan Satuan Lanjutan (LSL) 1 Triwulan II tahun 2019 Brigade Infanteri (Brigif) 4 Mar/BS resmi dibuka di Pantai Marines Eco Park Ds. Sanggi Kecamatan Padang cermin Kabupaten Pesawaran, Rabu (17/7/2019).

Upacara pembukaan latihan ini dibuka oleh Komandan Brigif 4 Mar/BS kolonel Marinir Ahmad Fajar yang diwakili oleh Wadan Brigif 4 Mar/BS Letkol Marinir Datuk Sinaga, dan dihadiri para perwira staf, Komandan Satlak, Komandan Puslatpur Teluk Ratai dan perwira jajaran Brigif 4 Mar/BS.

Dalam amanatnya, Komandan Brigif 4 Mar/BS menyampaikan bahwa Brigif 4 Mar/BS sebagai bagian integral Korps Marinir memiliki tugas pokok dalam menjaga kedaulatan NKRI bersama satuan TNI lainnya dalam sistem pertahanan negara. Dimana tugas tersebut bukanlah tugas yang ringan dan beresiko.

“Oleh karena itu kesiapan setiap unsur satuan pelaksana jajaran Brigif 4 Mar/BS harus senantiasa terjaga sesuai organisasi tugas masing-masing. Profesional, terlatih dan mempunyai naluri tempur yang baik hanya dimiliki oleh satuan yang rajin berlatih dan tidak mengenal lelah untuk mengasah kemampuan sehingga latihan ini perlu dilaksanakan dan terukur,” jelas dia.

Melihat proyeksi tuntutan tugas TNI dan Korps Marinir ke depan yang dihadapkan dengan perkembangan situasi dan kondisi politik serta ekonomi yang semakin berat dan kompleks, serta banyaknya potensi konflik horizontal, disintegrasi bangsa, pelanggaran batas wilayah NKRI. Sehingga untuk menghadapi tantangan tersebut diharapkan kita mampu untuk menggelar kekuatan yang proporsional.

“Dihadapkan dengan materi latihan yang ada, diharapkan seluruh peserta latihan serius dan disiplin serta memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan dengan baik di dalam melaksananakan kegiatan latihan tersebut, sehingga sasaran yang diharapkan akan dapat tercapai dengan baik,” terang dia.

“Latihan ini dinilai sangat penting karena merupakan sarana untuk menyamakan visi, interprestasi dan persepsi guna merumuskan langkah-langkah ke depan sesuai dengan kapasitas dan kewenangan masing-masing,” tambah dia.

Latihan yang dilaksanakan selama satu pekan ke depan ini melibatkan ratusan personel dari Yonif 7 Marinir dan Yonif 9 Marinir serta didukung oleh Puslatpur Teluk Ratai sebagai satuan pelatih Marinir di wilayah Lampung. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda