BPJS Kesehatan Jalin Kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Nias Selatan

285

NIAS SELATAN- SUMUT, BERITAANDA – Tingkatkan kepatuhan badan usaha, BPJS Kesehatan dan Kejaksaan Negeri Nias Selatan tandatangani kesepakatan bersama tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara.

Penandatanganan ini dilaksanakan di kantor Kejaksaan Negeri Nias Selatan dalam kegiatan forum pemeriksaan kepatuhan badan usaha. Selasa (27/8/2019).

Dalam sambutannya, Kepala Kejaksaan Negeri Nias Selatan Rindang Onasis menyampaikan, pihaknya siap menjalankan ketentuan dan memberikan bantuan hukum kepada BPJS Kesehatan, terkhusus dalam hal penegakan kepatuhan badan usaha.

“Kejaksaan siap memberikan bantuan hukum, pertimbangan hukum, dan penegakan kepatuhan terhadap badan usaha yang tidak menjalankan kewajibannya dalam skema JKN-KIS. Kami akan berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan, Dinas PM-PPTSP, Dinas Ketenagakerjaan serta dengan dinas lainnya, dalam menegakkan kepatuhan badan usaha yang tidak mendaftarkan pekerja, tidak membayar iuran JKN-KIS, dan tidak melaporkan data pekerja dengan lengkap dan benar. Terlebih dengan penandatanganan kesepakatan bersama ini, maka kami akan memperkuat sinergi antar instansi,” tuturnya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan, agar setiap pihak memahami peran dan fungsi masing-masing instansi, sehingga sinergisitas dapat berjalan baik.

“Pemahaman terhadap regulasi JKN-KIS mutlak dipahami, agar upaya yang dilakukan dapat berjalan maksimal. Program JKN-KIS ini hanya akan dapat berjalan maksimal ketika komunikasi dan koordinasi antar pihak dapat terjalin baik,” pungkasnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Harry Nurdiansyah menyampaikan, terima kasih atas komunikasi dan koordinasi yang terjalin baik, guna menyukseskan keberlangsungan program JKN-KIS.

“Keberhasilan dan keberlangsungan program JKN-KIS di Nias Selatan, tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah dan Kejaksaan Negeri Nias Selatan. Kami berharap kerjasama ini dapat terus terjalin,” kata dia.

“Terkhusus untuk penegakan kepatuhan terhadap badan usaha yang belum mendaftarkan pekerjanya menjadi peserta JKN-KIS, kami berharap bersama kita tingkatkan kepatuhan badan usaha tersebut. Melalui forum dan penandatangan kesepakatan bersama ini, semoga dapat meningkatkan kepatuhan badan usaha dan kepatuhan peserta JKN-KIS lainnya,” tutup dia.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Nias Selatan, Kepala BPJS Kesehatan Gunungsitoli, Kasidatun Kejaksaan Negeri Nias Selatan, Kepala Dinas Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Nias Selatan (PM-PPTSP), Kepala Dinas Ketenagakerjaan Nias Selatan, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Nias Selatan, dan Kepala Perluasan Peserta dan Kepatuhan. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda