Bimtek PAAR Angkola Muaratais Jangan Menjadi Seremonial Semata

309

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Ketua TP. PKK Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu berharap bimbingan teknis (bimtek) Pola Asuh Anak dan Remaja dengan Penuh Cinta dan Kasih Sayang (PAAR) PKK desa se-Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) tahun 2019, tidak dijadikan sebagai seremonial semata.

“Bisa ditinjau dari materi yang saya sampaikan merupakan materi yang dekat dengan kita. Jika bisa diterapkan bersama, maka bisa menghasilkan output, anak generasi muda yang berkualitas,” kata Syaufia saat menjadi narasumber yang digelar di aula Sarasi II Kantor Bupati Tapsel, Sipirok, Rabu (18/9/2019).

Ketua TP. PKK juga menegaskan, bahwa kalau ingin anak-anaknya baik maka kita harus menjadi contoh yang lebih baik. Dengan adanya materi seperti ini diharapkan bisa belajar bagaimana mendidik anak yang baik di lingkungan masing-masing. Berikutnya, pada tahun 2020 semua TP. PKK desa harus sudah memiliki bungdes masing-masing.

Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu  yang diwakili Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa M. Yusuf menyebut, dilaksanakannya kegiatan ini kiranya bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan dalam rangka menguatkan kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas, terkhusus untuk PKK desa kedepan.

Kadis juga menyampaikan bahwa tahun depan sudah bisa menyusun program Hari Satuan Gerak PKK yang akan melibatkan seluruh PKK yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan.

“Dengan demikian, kita bisa tahu program-program apa saja yang sudah dikembangkan oleh PKK desa masing-masing. Juga menjadi gambaran pembangunan yang ada di desa masing-masing,” ungkap Yusuf.

Sementara Camat Angkola Muaratais AM. Fadhil Harahap menerangkan, kegiatan tersebut berasal dari dana desa tahap kedua tahun anggaran 2019 dan masing-masing menghadirkan 15 orang perdesa.

“Setiap TP. PKK desa harus memahami materi yang disampaikan, agar jangan sampai jalan di tempat. Dengan acara bimtek ini semua TP. PKK desa yang ada di Kecamatan Angkola Muaratais bisa mengaplikasikan kepada masyarakat kedepan,” katanya.

Fadhil mengharapkan di tahun 2020 mendatang pengembangan kegiatan PKK desa semakin dapat ditingkatkan serta bisa melibatkan kelurahan yang ada di Kecamatan Angkola Muaratais dengan sepuluh program PKK.

“Jantung semua program pemerintah desa sebenarnya 80% itu berasal dari program TP. PKK. Dengan demikian semua program PKK perlu disukseskan,” pungkas dia. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda