BI Lampung Bersama PT ASDP Indonesia Selenggarakan Serambi Rupiah Ramadhan 2022 dan Sosialisasi CBP

112

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung bekerjasama dengan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni menyelenggarakan kegiatan ‘Serambi Rupiah Ramadhan 2022 dan Sosialisasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah dan ORIS’, bertempat di Kapal Penyeberangan Eksekutif Sebuku yang bertolak dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak, Selasa (19/4).

“Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari rangkaian kas keliling yang melayani penukaran uang pecahan kecil kepada masyarakat untuk periode Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriah,” kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Lampung, Budiyono dalam sambutannya.

“Hal itu sejalan dengan fungsi dan peran Bank Indonesia yakni menjaga dan memenuhi kebutuhan uang kartal di masyarakat,” ungkapnya.

Kegiatan serupa sebelumnya pernah diselenggarakan pada tahun 2019, namun dihentikan pada masa pendemi Covid-19 pada tahun 2020 dan 2021, dan kini kembali diselenggarakan pada tahun 2022.

Selama bekerjasama dengan PT ASOP Indonesia Ferry cabang Bakauheni, layanan penukaran uang pecahan kecil kepada masyarakat ini juga tidak terlepas dari peran dan sinergi BI dengan perbankan di Provinsi Lampung, yakni Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia, Bank Syariah Indonesia, dan Bank Lampung di loket pintu kedatangan terminal penumpang reguler Pelabuhan Bakauheni.

Bank Indonesia juga melakukan berbagai inovasi digitalisasi terkait tugasnya dalam penyelenggaraan sistem pembayaran, salah satunya adalah dengan mendorong perluasan penggunaan teknologi Gukk Response Code Indonesian Standard (ORIS) sebagai kanal pembayaran. Untuk tahun 2022, secara nasional ditargetkan sebanyak 15 juta pengguna baru ORIS.

Pada kesempatan yang sama, selain dilakukan kegiatan penukaran uang rupiah pecahan kecil, juga dilakukan sosialisasi terkait CBP Rupiah dan ORIS kepada penumpang kapal.

“Kegiatan ini sekaligus dapat menjadi wadah edukasi kepada masyarakat terkait cinta, bangga, dan paham rupiah dan mendorong penggunaan ORIS di kalangan masyarakat,” tambah Budiyono.

Kegiatan layanan dan sosialisasi tersebut diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan uang rupiah dengan kualitas yang baik, pecahan yang sesuai, dan nominal yang cukup juga sekaligus menambah pemahaman masyarakat terkait alat pembayaran yang sah di Indonesia yakni rupiah yang harus dikenali, dirawat, dan dijaga serta semakin memperluas pemahaman masyarakat mengenai ORIS.

Suharto selaku General Manager PT ASDP Indonesia Ferry juga menyampaikan bahwa kami pun terus melakukan inovasi, salah satunya dalam bentuk aplikasi Ferizy, sebagai wujud nyata program digitalisasi ASDP yang mengubah culture pengguna jasa penyeberangan transportasi laut

Sebagai aplikasi resmi, Ferizy bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam memesan tiket berjadwal dimanapun dan kapanpun, mendapatkan informasi terkait layanan pelanggan, fasilitas pelabuhan maupun kapal, serta persyaratan penyeberangan dan lain sebagainya.

Ferizy pun telah mengintegrasikan berbagai pilihan kanal pembayaran digital, termasuk ORIS. Hal ini sangat sejalan dengan program digitalisasi sistem pembayaran dari Bank Indonesia.

Kegiatan Serambi Rupiah Ramadhan 2022 ini dharapkan dapat menyadi wujud kolaborasi antar lembaga, dalam hal ini Bank Indonesia, PT ASDP Indonesia Ferry, dan perbankan untuk bersinergi dalam upaya pernulihan ekonomi daerah serta dapat terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda