ASN Tapsel Dibekali Teknik Penyusunan Produk Hukum Daerah

257

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) melalui Bagian Hukum Setdakab menggelar bimbingan teknis (bimtek) teknik penyusunan produk hukum, bertempat di aula Hotel Sitamiang, Padangsidimpuan, Senin (26/8/2019).

Kegiatan yang dikuti oleh ratusan ASN dari beberapa OPD se-Tapsel ini sebagai upaya meningkatkan wawasan serta keahlian ASN dalam menyusun produk hukum daerah. Seperti peraturan daerah, peraturan bupati, keputusan bupati, dan produk hukum daerah lainnya.

Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu melalui Sekda Parulian Nasution menyebut, bimtek ini merupakan pembekalan teknis untuk menjamin kepastian hukum atas pembentukan produk hukum daerah yang berpedoman berdasarkan cara dan metode yang pasti, baku, dan standar.

“Penyelenggaraan pemerintah dimulai dari tahap penyusunan produk hukum daerah, selaras dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang pembentukan Peraturan Perundang-Undangan dan Permendagri Nomor 80 Tahun 2015 tentang pembentukan produk hukum daerah sebagai landasan yuridis bagi aparatur menggunakan wewenangnya,” kata dia.

Parulian pun mengharapkan, melalui kegiatan ini kelak dapat menghasilkan SDM legal drafter yang profesional dan mampu menyusun produk hukum pemerintah daerah Kabupaten Tapsel yang berkualitas dan bermanfaat bagi kemajuan Tapanuli Selatan.

Ia menambahkan, peraturan perundang-undangan harus dengan memperhatikan tiga faktor, yakni sosiologis, filosofis dan yuridis. Ketiga faktor ini harus saling terkait dan tidak boleh lepas, sehingga produk hukum yang dibuat bisa bermanfaat dan berguna serta dipatuhi.

Sebelumnya, Kabag Hukum, Aswin Rangkuti menerangkan, sebagai mendukung materi bimtek, pihaknya mengundang Aprilla Haslantini Siregar, Kabag Perundang-Undangan pada Biro Hukum Setda Pemprov Sumut menjadi narasumber, guna memaparkan makalah teknik penyusunan produk hukum daerah tersebut. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda