ASN Lingkup Pemkab Muara Enim Dibekali Pelaksanaan Tata Cara Naskah Dinas

214

MUARA ENIM, BERITAANDA – Untuk menambah keterampilan tenaga di bidang naskah kedinasan, Pemkab Muara Enim adakan sosialisasi pelaksanaan tata naskah dinas, bertempat di Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Kamis (25/4/2019).

Menurut Bupati Muara Enim yang diwakili Asisten Pemerintahan Drs HM Teguh Jaya MM, kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2005 tentang pedoman tata naskah dinas di lingkungan pemerintah.

Lanjut dia, pelatihan ini merupakan suatu inisiatif dari Pemkab Muara Enim untuk mulai menerapkan dan membangun tertib administrasi di lingkungan Pemkab Muara Enim.

“Kabupaten Muara Enim termasuk daerah percontohan reformasi birokrasi, namun ternyata masih banyak bentuk naskah surat yang tidak sesuai standar Permendagri dan Perbup Muara Enim. Bukan saja format, tetapi isinya harus bahasanya normatif, singkat dan tegas. Jika surat tidak sesuai ketentuan akan kita kembalikan,” ujar Teguh.

Dikatakan Teguh, implementasi tata naskah dinas memaparkan mengenai konsep dasar, jenis, format, penulisan hingga penyampaian naskah dinas. Sedangkan untuk aspek kebahasaan memaparkan mengenai bagaimana menulis surat secara efektif, nikmat, akurat dan konsisten (enak) kepada pembaca surat.

“Bahasanya harus normatif tidak bertele-tele, dan tidak berarti ganda yang akan membingungkan pembacanya,” pungkas dia. (Angga)

Bagaimana Menurut Anda