APBD Perubahan Sekadau Ditetapkan, Beberapa Fraksi Soroti Kabut Asap

133

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Pemerintah daerah bersama DPRD Sekadau menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2019, Selasa (17/9/2019).

Penetapan itu dilaksanakan dalam paripurna yang dipimpin Albetus Pinus dan dihadiri Bupati Sekadau Rupinus.

Secara umum 8 fraksi di DPRD Sekadau menyetujui penetapan Raperda APBD Perubahan menjadi Perda APBD Perubahan 2019. Meski demikian, beberapa fraksi memberikan catatan serta masukan kepada eksekutif dan organisasi perangkat daerah (OPD).

Beberapa fraksi juga melalui juru bicaranya dalam pandangan akhir menyoroti bencana kabut asap yang terjadi di Kalimantan Barat dan Kabupaten Sekadau.

“Berkaitan dengan keadaan darurat wilayah Kalbar dan Sekadau dilanda bencana kabut asap, sehingga menggangu berbagai sendi kehidupan,” kata Teguh Arif Ardianto, juru bicara Fraksi Nasdem.

Menurut Teguh, mengutip pernyataan Gubernur Kalbar sebagian besar penyebab bencana asap adalah koorperasi.

“Perlunya penindakan kepada koorperasi,” ungkap Teguh.

Hal senada juga diungkapkan Hasan, juru bicara Partai Demokrat, yang menyatakan keprihatinannya atas bencana kabut asap saat ini.

“Perlu adanya langkah – langkah oleh pemerintah daerah dan disarankan bupati memberikan penegasan kepada camat untuk meminimalisir karhutla di daerah,” pinta Hasan.

Sementara Bupati Sekadau Rupinus menyampaikan ucapan terimakasih dan mengapresiasi semua pihak yang telah bekerjasama membahas APBD Perubahan 2019.

“APBD Perubahan 2019 merupakan penjabaran rincian mengenai kebijakan pembiayaan dan belanja daerah,” kata bupati.

Menurut dia, pembahasan panjang telah dilalui dalam penetapan dan diyakini kualitas APBD akan baik. “Karena tidak sedikit¬†masukan, saran, serta sanggahan,” ungkap Rupinus.

Penetapan APBD Perubahan ini ditandai dengan penandatangan berita acara (BA) kesepakatan bersama antara bupati dan DPRD Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda