Antisipasi Penyakit Menular, Puskesmas Tanjung Batu Terus Lakukan Penyuluhan

261
Suasana aktifitas di Puskesmas Tanjung Batu.

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Pasca peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan saat ini, banyak potensi dari beragam penyakit menular yang bisa ditimbulkan. Diantaranya diare, hepatitis A, infeksi saluran pernafasan akut (Ispa), kemudian penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Untuk itulah guna mengantisipasi hal tersebut, Puskemas Tanjung Batu terus melakukan kegiatan penyuluhan ke masyarakat. Apalagi terkait hepatitis A yang beberapa pekan terakhir sempat ‘meledak’ di Kota Indralaya.

Kepala UPTD Puskesmas Tanjung Batu H. Ahmad Fait Yusuf saat dibincangi BERITAANDA di ruang kerjanya, Selasa (10/12/2019) pagi menjelaskan, kami terus mensosialisasikan baik secara perorangan maupun di kegiatan Posyandu, serta kelompok masyarakat, terkait upaya pencegahan dari beragam penyakit menular itu.

Masih dalam penjelasannya, beberapa waktu lalu di musim penghujan, penyakit DBD menjadi perhatian besar mereka. Adapun kasus DBD ini sendiri, kebanyakan terjadi lantaran virus yang bermigrasi, yang kebetulan dibawa pasien.

Kepala UPTD Puskesmas Tanjung Batu H. Ahmad Fait Yusuf saat berada di ruang kerjanya.

“Misalnya dari kota ke desanya, sehingga terjadilah penularan itu. Namun Alhamdulillah, kurun waktu beberapa bulan ini kasus tersebut tidak kita jumpai. Mudah-mudahan kedepan tidak lagi terjadi,” ucapnya.

Kemudian, lanjutnya, selain penyuluhan itu, mereka juga mendatangi sekolah-sekolah untuk memberikan tablet zat besi kepada remaja putri guna pencegahan anemia (kekurangan zat besi).

“Remaja putri rentan terkena anemia, hal ini beresiko bila nanti mereka menikah dan melahirkan anak. Dan jika kekurangan zat besi itu, bisa menjadi salah satu pemicu anaknya terdampak stunting atau kegagalan pertumbuhan akibat kekurangan gizi atau nutrisi. Maka kita bantu dengan pemberian tablet zat besi,” pungkas dia. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda