Angin Puting Beliung Porak-porandakan Rumah Warga Kampung Banten

350

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Bencana angin puting beliung kembali melanda Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Kali ini peristiwa tersebut terjadi di Dusun II Kampung Banten Desa Dolok Merawan Kecamatan Dolok Merawan Sergai, Selasa (3/9/2019) malam.

Pada peristiwa itu hampir semua warga dusun rumahnya porak-poranda, serta atap rumah mereka (seng) beterbangan diterpa angin puting beliung tersebut. Kemudian, pohon-pohon bertumbangan sehingga para warga di dusun itu dibuat panik.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun aliran listrik sempat dipadamkan selama semalaman oleh pihak PLN setempat, sehingga masyarakat panik saat ingin menyelamatkan diri karena dalam keadaan gelap gulita.

Abdul Majid selaku warga Dusun II melalui grup WhatsApp (WA), Rabu (4/9/2019) malam, menyebutkan bahwa mereka bersama warga pada hari Rabu-nya bergotong-royong membersihkan lingkungan, seperti merapihkan ranting pohon. Bahkan seng-seng dan pagar-pagar rumah berserakan pun turut dibersihkan.

Sementara para Muspika Kecamatan Dolok Merawan bersama Kapolsek serta Danramil beserta personelnya turut serta bergotong-royong membantu warga membersihkan lingkungan akibat musibah angin puting beliung tersebut.

Masyarakat, Muspika serta pemerintahan desa kemudian langsung membahas tentang upaya penanggulangan bencana tersebut pada saat kedatangan Tim Forum Peduli Pasca Bencana (Folicana) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sergai, guna membentuk penanggulangan bencana di setiap desa, kususnya di kecamatan.

Surya Danil Usman dan Amran Silalahi selaku tokoh pemuda yang juga tergabung di Grup Relawan KRO Dolok Merawan mengatakan, bahwa penting jika terbentuk tim SAR Folicana/BPBD di kecamatan.

“Setidaknya kita punya tim relawan penyelamat yang terdidik serta terlatih, dan siap siaga akan tugasnya kapan saja. Terima kasih kepada muspika di Dolok Merawan ini karena kepeduliannya kepada masyarakat yang tertimpa musibah bencana,” kata mereka. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda