Anggota Polda Sumsel Periksa Poskamling Tanjung Rancing OKI

38

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Anggota Polda Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan pemeriksaan Poskamling Tanjung Rancing, dalam rangka penilaian sehubungan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-76.

Yang dinilai tersebut adalah Poskamling Sungkai Tiga yang terletak di RT 06 Lingkungan 03 Kelurahan Tanjung Rancing Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Penilaian dilakukan oleh tim yang dikomandoi oleh Kompol Erikatson didampingi AKP Undang Efendi dan Aiptu Dadang Hermawan. Sementara rombongan dari Polres OKI dipimpin langsung oleh Kapolsek Kayuagung AKP Eko Suseno SH MH berikut anggota Polres dan Polsek lainnya yaitu, IPTU Nurullahi Mahfus dengan jabatan Kanit Binpolmas Polres OKI, Aiptu Muslikun selaku Kanit Bintipmas Polres OKI, Ipda Udin selaku Kanit Bimas Polsek Kayuagung, Bripka M. Roben Arianto yang merupakan Babinkamtibmas Kelurahan Tanjung Rancing Polsek Kayuagung dan personel Satbinmas Polres OKI.

Menurut Kompol Erikatson, penilaian ini dilakukan sehubungan dengan kegiatan HUT Bhayangkara ke- 76, dan penilaian dilakukan seluruh Poskamling se-Sumatera Selatan. Salah satunya Poskamling Tanjung Rancing ini.

Dikatakan Erikatson, kriteria yang dinilai di Poskamling itu adalah kelengkapan jaga malam seperti daftar petugas jaga malam, senter, jas hujan, kentongan, pentongan, borgol, alat pemadam kebakaran alias racun api, mega phone, PPPK, jam dinding, HT, kipas angin, televisi, buku mutasi piket, peta situasi dan struktur.

“Alhamdulillah apa yang kami nilai ada semua di Poskamling Sungkai Tiga ini. Untuk selanjutnya kami akan menentukan hasil penilaian,” ujar bapak katua tim ini.

Ikut hadir dalam acara tersebut antara lain Lurah Tanjung Rancing Drs. Monadia, Kepala Lingkungan 03 Alfonso Rasyid, Komandan Linmas Tanjung Rancing Badaruddin Hasan, dan puluhan personelnya, Ketua Forum Kemitraan Polisi Masyarakat H. Sudrono Asnawi S.Sos dan puluhan anggotanya.

Dalam sambutannya, Lurah Tanjung Rancing Drs. Monadia mengatakan bahwa penilaian Poskamling ini adalah suatu rangkaian kegiatan dari HUT Bhayangkara Polri se-Indonesia. Kebetulan, Tanjung Rancing sebagai pilot proyek penilaian untuk tingkat kabupaten.

“Alhamdulillah, saya memberikan apresiasi terhadap jajaran Polda Sumsel dan Polres OKI serta Polsek Kayuagung yang telah mempercayakan Poskamling di Kelurahan Tanjung Rancing sebagai pilot proyek penilai. Ini mahal karna tidak muda pihak lain untuk melakukan penilai apa lagi dari pihak Polri. Mudah-mudahan ini ada hasil yang baik. Aamiiiin,” ujar lurah yang bersahaja ini.

Sementara Kapolsek Kayuagung AKP Eko Suseno SH.MH mengatakan, penilaian ini wajib kita syukuri karena dari ratusan Poskamling yang ada di Kabupaten OKI, Poskamling Sungkai Tiga di Kelurahan Tanjung Rancing menjadi contoh. Entah apa dan bagaimana, sehingga pihak Polda menjatuhkan penilaian terhadap Poskamling Sungkai Tiga Tanjung Rancing ini.

“Saya turut bergembira dan bersyukur bahwa Poskamling Kelurahan Tanjung Rancing mendapat penilaian. Mudah-mudahan mendapatkan hasil yang baik,” ujar dia.

Ketua FKPM Kelurahan Tanjung Rancing H. Sudrono Asnawi, S.Sos menambahkan, bahwa selayaknya kita bersyukur dengan penilaian Poskamling tersebut. Urusan juara berapa yang didapat, nantinya itu urusan belakang. Yang penting kita bangga, Poskamling Sungkai Tiga Tanjung Rancing ini menjadi contoh.

“Saya memberikan apresiasi kepada Pak Lurah Drs. Monadia. Diawal beberapa bulan tugasnya sebagai lurah sudah mendapat tamu kehormatan Polda Sumsel dan jajarannya. Semoga ini pertanda baik tugas kedepannya,” kata mantan anggota DPRD OKI ini. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda