Achmad Chrisna Putra Hadiri Pertemuan Nasional FGD Kebijakan Pupuk Bersubsidi

303

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Kementerian Pertanian mengadakan pertemuan pengelolaan pupuk bersubsidi yang diselenggarakan pada tanggal 29 hingga 30 Juli 2019 di Surabaya.

Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Selatan, Jawa, Sulawesi dan Madura Kemudian Kepala Biro Perencanaan Sekjen Kementerian Pertanian, Inspektur II Kementerian Pertanian, Direktur Jenderal PSP, Dirut PT. Pupuk Indonesia, Dirut PT. Petrokimia Gresik dan Ketua KTNA. Selain itu, Kepala Dinas Pertanian Ciamis juga hadir sebagai pembicara untuk membagikan pengalaman dan evaluasi kartu tani di wilayah Ciamis Jawa Barat

“Pertemuan ini membahas kebijakan pemerintah terkait harga eceran tertinggi (HET) dan sistim distribusi pupuk bersubsidi melalui kartu tani,” Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Lampung Achmad Chrisna Putra yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Lanjut dia, subsidi pupuk yang digelontorkan oleh pemerintah selama ini ternyata tidak berbanding lurus dengan volume pupuk. Volume pupuk yang disubsidi relatif tetap, sementara nilai pupuk semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya HPP pupuk yang dipicu oleh bahan baku.

“Arah kebijakan subsidi yang dilakukan pemerintah saat ini berupa kebijakan yang lebih tepat sasaran dan efisien melalui penggunaan sistim e-RDKK dan kartu tani. Sementara kondisi pupuk subsidi yang pada saat-saat tertentu tidak tepat waktu ketersediaannya di tingkat kios,” pungkas dia. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda