Acara Pelepasan dan Penyerahan Mahasiswa KKN Unila, Kasrem 043/Gatam Sampaikan Wawasan Kebangsaan serta Bela Negara

27

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Kepala Staf Korem 043/Gatam Kolonel Inf Enjang SIP M.Han menghadiri pelepasan dan penyerahan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode l tahun 2024 kepada pemerintah daerah, bertempat di GSG Unila Bandar Lampung.

KKN merupakan program mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral dalam kurun waktu tertentu, yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Dihadapan 2.700 orang mahasiswa peserta KKN, selaku pemateri, Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf. Enjang SIP M.Han menyampaikan bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

“Negara Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.395 pulau, 274,8 juta penduduk, 108.000 KM garis pantai, 1.340 suku bangsa dan 715 bahasa daerah. Negara Indonesia yang majemuk sangat beraneka ragam memiliki keindahan budaya, peradaban yang tinggi menjadi modal kekuatan, selain daripada itu Indonesia juga dikenal sebagai bangsa yang ramah, sopan dan toleransi kehidupan beragama cukup baik,“ ujar Kasrem.

Namun kemajemukan sering dieksploitasi untuk kepentingan tertentu dan perbedaan yang ada dibenturkan antar sesamanya untuk melahirkan konflik dan tindak kekerasan agar NKRI ini pecah. Pengaruh media sosial sangatlah luas, maraknya penyebaran disinformasi, fitnah, penyesatan, provokasi, pengalihan isu dan pembunuhan karakter yang dilakukan oleh media sosial seperti WA, Twitter, FB, Instagram sebagai upaya yang dilakukan.

“Kita harus bijak dalam melihat potensi masalah tersebut hal ini perlu dikembangkan lagi wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara,“ terangnya.

Lebih lanjut Kasrem mengharapkan sekaligus menjelaskan kepada mahasiswa, bahwa bela negara tidak harus angkat senjata, cukup lakukan yang terbaik sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

“Jadilah sebagai agen perubahan, menjelang Pemilu dapat menjadi pelopor dalam mengampanyekan pemilu damai di lokasi KKN masing-masing. Hormati adat, norma maupun aturan-aturan yang berlaku sebagai kearifan lokal yang harus dijunjung tinggi di desa tempat KKN,” jelas dia.

“Untuk itu gunakan teknologi informasi (medsos) dengan bijak, cerdas dan isi dengan konten-konten positif, dan tidak menyebarkan hoax, serta saring sebelum sharing, kreatif dan inovatif dalam membangun kompetensi diri untuk menyiapkan diri sebagai kader pemimpin indonesia di masa depan,“ pungkasnya

Hadir pada kegiatan tersebut Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi, Kasubdit Dit Binmas Polda Lampung, Kadis PMD dan Transmigrasi Provinsi Lampung, Ketua Badan Pelaksana KKN Unila, para Wakil Rektor Unila, para Dosen Pembimbing Lapangan Unila beserta perwakilan masing-masing kabupaten yang akan dijadikan lokasi KKN. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda